Polri: 15 orang tengah diperiksa dalam aksi kerusuhan di Penjaringan

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Polri: 15 orang tengah diperiksa dalam aksi kerusuhan di Penjaringan

ANTARA FOTO

Massa yang menjarah bukan bagian dari demonstran di Medan Merdeka Barat.

JAKARTA, Indonesia – Pihak kepolisian terus menyelidiki aksi kerusuhan di area Penjaringan, Jakarta Utara bersamaan dengan digelarnya aksi damai 4 November. Dalam aksi tersebut, sekelompok orang yang tidak diketahui asalnya menjarah toko waralaba dan sweeping kepada para pengendara di daerah itu.

“Ada sebuah mini market, Alfamart yang dijarah. Mereka ini bukan bagian dari demonstran di Medan Merdeka Barat atau Monas. Ini murni (tindak) kriminal,” kata Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Pol Boy Rafli Amar ketika memberikan keterangan pers pada Sabtu, 5 November.

Sejauh ini, pihak kepolisian tengah memeriksa 15 orang yang akan ditetapkan statusnya usai 1X24 jam. Dia kembali menegaskan peristiwa yang berlangsung di area Penjaringan murni kriminal dengan memanfaatkan situasi.

“Untung personil kami di lapangan, baik itu Polri dan TNI berhasil meredam semua, sehingga tidak menjalar ke mana-mana,” kata dia.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Awi Setiyono mengatakan ada sekitar 300 orang yang bertindak anarkis di kawasan Luar Batang, Kali Pakin Penjaringan, Jakarta Utara. Awi menyebut massa bertindak karena mendengar informasi mengenai kericuhan di Ustana.

“Makanya mereka ada yang menggerakan. Itu masih kita selidiki,” ujarnya. (BACA: Kronologi kerusuhan di Penjaringan)

Pasca berhasil dibendung, kondisi di area Penjaringan sudah kondusif. Situasi serupa juga terlihat pada beberapa titik yang pada Jumat kemarin dipenuhi ribuan demonstran untuk berunjuk rasa. Mereka menuntut agar Presiden Joko “Jokowi” Widodo segera mempercepat proses penyelidikan kasus dugaan penistaan agama yang dilakukan Gubernur non aktif Basuki “Ahok” Tjahaja Purnama. – Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!