Indonesia tak ajukan calon presiden interpol

Iwan Setiadharma

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Indonesia tak ajukan calon presiden interpol
Masa jabatan persiden interpol berakhir tahun ini.

NUSA DUA, Indonesia – Kepala Biro Misi Internasional Divisi Hubungan Internasional Polri Brigadir Jenderal Johanis Asadoma mengatakan Indonesia tidak akan mengajukan calon untuk menjadi presiden Interpol.

“Tapi yang sedang menjadi wacana, bagaimana dari kami (Indonesia) bisa menjadi anggota eksekutif komite Interpol. Kami akan mengajukan personil,” katanya saat jumpa media di Bali Nusa Dua Convention Center, Selasa, 8 November 2016.

Masa kerja Presiden Interpol saat ini, yakni Mireille Ballestrazzi, akan berakhir pada tahun ini. Johanis Asadoma mengatakan calon pengganti Mireille kemungkinan berasal dari Tiongkok. 

“Kalau negara lain saya belum dengar,” tuturnya. Walaupun begitu, Johanis tidak menyebutkan nama calon yang diajukan dari Tiongkok itu.

Indonesia untuk kali pertama menjadi tuan rumah Sidang Umum Interpol. Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal Tito Karnavian dalam sambutannya saat pembukaan pada, Senin, 7 November mengatakan Polri mengapresiasi Interpol atas kerjasama yang sudah lama terjalin.

“Indonesia merupakan anggota Interpol yang aktif terlibat. Selama ini kami telah berbagi dan kerja bersama dalam penyelenggaraan sejumlah kegiatan strategis termasuk penanganan kejahatan terorganisir lintas negara,” katanya. –Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!