Ulama Alm KH As’ad Syamsul Arifin dianugerahi gelar Pahlawan Nasional

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Ulama Alm KH As’ad Syamsul Arifin dianugerahi gelar Pahlawan Nasional

ANTARAFOTO

As’ad Syamsul Arifin merupakan putra ulama besar Madura, KH Syamsul Arifin, yang juga pendiri NU. Ia dianggap telah berjasa besar bagi bangsa Indonesia.

JAKARTA, Indonesia — Menyambut peringatan Hari Pahlawan, Presiden Joko “Jokowi” Widodo di Istana Negara menganugerahkan gelar pahlawan nasional kepada ulama Nahdlatul Ulama (NU), almarhum KH Raden As’ad Syamsul Arifin, pada Rabu, 9 November.

As’ad Syamsul Arifin merupakan putra ulama besar Madura, KH Syamsul Arifin, yang juga pendiri NU. Ia dianggap telah berjasa besar bagi bangsa Indonesia.

As’ad Syamsul Arifin pernah memimpin dan melakukan perjuangan bersenjata atau perjuangan politik untuk mencapai, merebut, mempertahankan, dan mengisi kemerdekaan serta mewujudkan persatuan bangsa.

“Tidak pernah menyerah pada musuh dalam perjuangan,” kata Kepala Biro Gelar, Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan, Laksma TNI Suyono Thamrin, melalui siaran pers

As’ad Syamsul Arifin lahir pada 1897 di Mekkah, Arab Saudi, dan meninggal dunia pada 4 Agustus 1990 di Situbondo, Jawa Timur, pada usia 93 tahun.

Ulama yang terakhir menjadi Dewan Penasihat (Musytasar) Pengurus Besar Nahdlatul Ulama itu adalah pengasuh Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah di Desa Sukorejo, Kecamatan Asembagus, Kabupaten Situbondo.

Ia merupakan penyampai pesan (Isyarah) berupa tongkat disertai ayat Al-Qur’an dari KH Kholil Bangkalan untuk KH Hasyim Asy’ari, pendiri Nahdlatul Ulama.

Pemberian gelar pahlawan nasional ini berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 90/TK/Tahun 2016 tentang penganugerahan gelar Pahlawan Nasional.

Selain itu, Presiden Jokowi juga menganugerahkan tanda kehormatan Bintang Mahaputra Utama yang sudah ditetapkan dengan keputusan Presiden RI Nomor 91/TK/ Tahun 2016 tanggal 3 November 2016 kepada Mayjen TNI (Purn) Andi Mattalatta (tokoh pejuang asal Sulawesi Selatan), dan letkol (Inf) Anumerta M Sroedji (tokoh asal provinsi Jawa Timur). —Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!