Presiden Jokowi perintahkan KSP berangkat ke Aceh tangani gempa

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Presiden Jokowi perintahkan KSP berangkat ke Aceh tangani gempa
Sementara pemerintah pusat juga akan intens memantau perkembangan, baik kerusakan hingga penanganan, dari Jakarta.

JAKARTA, Indonesia — Presiden Joko “Jokowi” Widodo mengatakan sudah mendengar terkait gempa sebesar 6,5 SR di Aceh pada Rabu, 7 Desember subuh. Oleh sebab itu dia langsung memberikan instruksi terkait penanganan gempa kepada otoritas setempat maupun dari pusat. 

“Laporan sudah saya terima dan saya sudah perintahkan sesuai dengan otoritasnya,” kata dia ketika memberikan keterangan pers di Istana Negara pada Rabu, 7 Desember.

Ia mengatakan sudah menugaskan Kepala Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Teten Masduki untuk segera meluncur ke lokasi. Sementara pemerintah pusat juga akan intens memantau perkembangan, baik kerusakan hingga penanganan, dari Jakarta. “Nanti akan kita ikuti terus,” kata dia.

Tidak disebutkan pasti kapan Teten akan berangkat. 

Sejauh ini jumlah korban tewas sudah mencapai 25 orang. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Puteh Manaf mengatakan satu-satunya rumah sakit di kabupaten tersebut kini kewalahan dalam merawat korban luka.

“Data yang kami miliki saat ini 25 orang tewas dan ratusan orang lainnya terluka,” ujar Puteh. 

Pemerintah setempat tengah mengerahkan alat berat untuk membantu proses evakuasi dan berharap masih ada korban yang selamat.

Menurut seismologis getaran gempa terasa di seluruh Provinsi Aceh, yang sebelumnya pernah diterjang gelombang tsunami di Samudera Hindia pada tahun 2004 lalu. BPBD hingga kini masih melakukan pendataan korban gempa.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho mengatakan dengan pusat gempa dangkal dan sumber gempa berasal dari sesar aktif yang menjadi pembangkit gempa bumi adalah Sesar Samalanga-Sipopok Fault diperkirakan bangunan tidak tahan gempa akan mengalami kerusakan.

Pusat gempa bumi terletak pada 5,25 LU dan 96,24 BT tepatnya di darat pada jarak 106 kilometer arah tenggara kota Banda Aceh pada kedalaman 15 kilometer.

“Gempa bumi tidak memicu tsunami,” kata Sutopo melalui keterangan tertulis. 

Berdasarkan hasil monitoring BMKG menunjukkan hingga pukul 05:30 WIB sudah terjadi 5 kali gempa bumi susulan dengan kekuatan terbesar 4,8. – dengan laporan AFP/Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!