Jokowi berikan donasi Rp 5 miliar bagi korban gempa Aceh

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Jokowi berikan donasi Rp 5 miliar bagi korban gempa Aceh
Warga yang dijenguk meminta Jokowi mendoakan untuk kesembuhan mereka

PIDIE, Indonesia – Presiden Joko “Jokowi” Widodo turut menyumbang bagi korban luka akibat gempa 6,5 SR yang mengguncang Aceh pada Rabu, 7 Desember. Nominalnya dilaporkan mencapai Rp 5 miliar.

Donasi disampaikan ketika Jokowi berkunjung ke RS Umum Daerah Tengku Cik Ditiro di Pidie, Aceh, pada Jumat, 9 Desember. Mantan Gubernur DKI itu datang ke rumah sakit sekitar pukul 08:30 WIB. Dia langsung mengunjungi ruang ICU.

Ruangan tersebut dikhususkan bagi pasien perempuan. Ada 37 pasien yang dirawat di ruangan ini. Seorang warga Pidie Jaya bernama Nurvita menjadi pasien pertama yang dijenguk oleh Jokowi. Dia mengaku dijanjikan santunan dari Presiden.

“Iya, dikasih bantuan (oleh Pak Jokowi). Saya (mengucapkan) terima kasih banyak,” ujar Nurvita yang mengalami patah tulang.

Jokowi juga menjenguk korban laki-laki yang ditempatkan di ruang Seroja. Di sana, terdapat 38 pasien yang sebagian besar juga mengalami patah tulang.

Seorang warga Pidie Jaya, Masri meminta agar didoakan Jokowi cepat sembuh. Jokowi pun langsung menyanggupi.

“Pak Jokowi lalu mendoakan agar saya dan yang lain cepat sembuh. Saya senang sekali,” katanya.

Dia juga bercerita bagaimana kondisi rumahnya yang hancur akibat gempa. Total, terdapat 143 pasien korban gempa yang dirawat di RS Umum Daerah Tengku Cik Ditiro di Pidie. Sebelumnya, Jokowi berkunjung ke RS Zainal Abidin yang berada di ibukota Banda Aceh.

Di sana dia menjenguk 23 korban gempa. Jokowi mengatakan yang terpenting dilakukan saat ini adalah evakuasi korban. Setelah itu, baru merekonstruksi bangunan-bangunan yang rusak.

“Untuk merekonstruksi kembali setelah nanti kita lihat lapangan seperti apa. Yang penting evakuasi penanganan korban di RS sudah ditangani dengan baik,” kata Jokowi. 

Mantan Walikota Solo itu rencananya berada di Aceh selama satu hari. Dia juga akan menunaikan ibadah salat Jumat di sana. Selain, berkunjung ke rumah sakit, Jokowi juga meninjau Masjid Atta Darut di Kecamatan Trianggadeng, Pidie Jaya yang mengalami kerusakan berat akibat gempa dan posko tempat pengungsi bermukim sementara. 

– Rappler.com

BACA JUGA:

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!