Daftar kecelakaan pesawat Hercules dalam 10 tahun terakhir

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Daftar kecelakaan pesawat Hercules dalam 10 tahun terakhir
Kejadian ini menambah daftar panjang kecelakaan Hercules yang memang sudah cukup sering.

JAKARTA, Indonesia — Sebuah pesawat Hercules milik TNI Angkatan Udara dilaporkan hilang kontak sebelum dipastikan jatuh di sekitar Gunung Pugima, Wamena, Papua, pada Minggu, 18 Desember.

Kejadian ini menambah daftar panjang kecelakaan Hercules yang memang sudah cukup sering di Indonesia. Berikut daftar peristiwa kecelakaan kendaraan TNI AU tersebut dalam 10 tahun terakhir:

18 Desember 2016 di Wamena, Papua

Pesawat Hercules milik TNI Angkatan Udara yang sempat dilaporkan hilang kontak, ditemukan jatuh setelah menabrak Gunung Pugima di Kampung Minimo, Distrik Maima, Kabupaten Jayawijaya, Papua, pada Minggu pagi, 18 Desember.

Sebelumnya sempat diberitakan telah terjadi “lost contact” dengan pesawat C-130 HS, A-1334 rute Timika-Wamena pada Minggu. Pesawat berangkat dari Timika menuju Wamena sekitar pukul 05:35 WIT dan dijadwalkan tiba pada 06:13 WIT.

Sebelum mendarat, contact terakhir dengan pesawat adalah pukul 06:02 WIT. Pada pukul 06:08, tower melihat secara manual bahwa pesawat akan melakukan pendaratan, namun pada 06:09 pesawat hilang kontak.

KSAU Marsekal Agus Supriatna menyatakan 13 orang yang berada di pesawat meninggal dunia.

Selengkapnya: Pesawat Hercules jatuh menabrak gunung di Wamena

30 Juni 2015 di Medan, Sumatera Utara

Foto pesawat Hercules C-130 yang jatuh di Sima Lingkar, Medan, Selasa, 30 Juni 2015. Foto oleh Kharisma Tarigan/AFP

Pesawat Hercules C-130 yang mengangkut logistik jatuh menimpa ruko-ruko di Jalan Jamin Ginting, Medan, Sumatera Utara, pada 30 Juni 2015.

Pesawat lepas landas dari Lapangan Udara Suwondo, Medan, pukul 11:48 WIB. Dua menit kemudian, atau pada pukul 11:50 WIB, langsung jatuh.

110 penumpang dan 12 awak diyakini tewas. Sembilan masyarakat yang ada di darat juga dilaporkan menjadi korban. Di antara 110 penumpang itu, terdapat 5 orang yang jasadnya tidak ditemukan.

Selengkapnya:  Pesawat Hercules jatuh di Medan

20 Mei 2009 di Magetan, Jawa Timur

Pesawat Hercules L-100-30 bernomor registrasi A-1325 yang mengangkut sejumlah tentara dan keluarganya menabrak pemukiman warga di Magetan, Jawa Timur, pada 20 Mei 2009.

Pesawat yang dipiloti Mayor Penerbang Danu Setiawan itu menabrak permukiman dan ladang sebelum akhirnya terbakar dan menewaskan 98 penumpang dan 2 warga setempat. 

11 Mei 2009

Pesawat Hercules C-130 milik TNI AU tergelincir dan mengalami kecelakaan di landasan pacu Bandar Udara Wamena, Papua. Salah satu ban pesawat dilaporkan terlepas.

Ban yang lepas dikatakan mengenai seorang warga.—Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!