Remaja masjid di Timika amankan gereja selama Natal

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Remaja masjid di Timika amankan gereja selama Natal
"Kami seluruh umat Islam di Kabupaten Mimika siap mendukung penuh pengamanan perayaan Natal."

JAKARTA, Indonesia — Puluhan pemuda dan remaja muslim di Kota Timika, Papua, akan melakukan pengamanan di gereja-gereja selama perayaan Natal 2016 berlangsung.

“Kami mengutus 84 pemuda dan remaja masjid untuk mengamankan perayaan Natal,” kata Ketua Panitia Hari-hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Mimika, Laitam Gredenggo, Sabtu, 24 Desember 2016.

Selain mengirimkan para remaja, Laitam Gredenggo melanjutkan, pihaknya juga mengutus tokoh-tokoh agama Islam beserta para ustad untuk mengamankan jalannya Natal.

Para pemuda dan remaja masjid tersebut akan bergabung dengan pemuda-pemuda beragama lain untuk memastikan Natal tahun ini di Timika berjalan tanpa ada gangguan.

Para pemuda dan remaja lintas agama tersebut dikoordinir oleh Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Mimika. “Penempatan mereka di titik-titik mana saja semua diatur oleh FKUB,” Laitam melanjutkan.

Laitam mengatakan masyarakat Timika sudah terbiasa saling menjaga setiap kali ada perayaan hari besar keagamaan. Kalau hari Natal dan Paskah, remaja dan pemuda muslim, Hindu, dan Budha yang menjaga gereja.

Sementara ketika hari raya lebaran, giliran pemuda Katolik, Protestan, Hinda, dan Budha yang akan menjaga masjid-masjid. “Dari dulu di Timika sudah seperti ini,” kata Laitam.

Dengan adanya sikap saling hormat-menghormati dan saling menghargai seperti itu, Laitam berharap semangat toleransi antarumat beragama di Mimika akan terus terjalin dengan erat.

“Kami seluruh umat Islam di Kabupaten Mimika siap mendukung penuh pengamanan perayaan Natal dan Tahun Baru. Kami juga mengucapkan selamat Natal kepada saudara-saudara kami kaum Nasrani,” kata Laitam.

Beberapa gereja di Kota Timika, seperti Di Gereja Katedral Tiga Raja Timika dan Gereja St Stefanus Sempan Timika, sudah mempersiapkan perayaan natal sejak beberapa hari lalu.  

Mereka, antara lain, menambah tenda di halaman gereja untuk menampung umat yang akan mengikuti Misa Malam Natal pada Sabtu malam dan Misa Hari Raya Natal, Minggu 25 Desember. —dengan laporan ANTARA/Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!