Panglima TNI dan Kapolri inspeksi gereja-gereja di Jakarta

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Panglima TNI dan Kapolri inspeksi gereja-gereja di Jakarta
Sampai saat ini kondisi masih kondusif

JAKARTA, Indonesia – Kepala Polri Jenderal Tito Karnavian bersama Panglima TNI Gatot Nurmantyo dan pelaksana tugas Gubernur DKI Jakarta Sumarsono akan meninjau langsung pelaksaan Natal di sejumlah gereja di Jakarta.

“Untuk melihat kesiapan pengamanan dari personel kepolisian. Kami akan melihat gereja-gereja yang menjalani ibadah, situasi seperti apa, jemaah, pengaman seperti apa,” kata Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Riwanto di Mabes Polri, Sabtu 24 Desember 2016.

Rikwanto mengatakan pihaknya telah melakukan langkah-langkah pengamanan sehari sebelum perayaan natal dan sampai saat ini situasi masih berjalan kondusif. ‎

“H-1 sejak kemarin koordinasi dengan pengurus gereja sistem pengamanan sudah baik. Pintu masuk, keluar, tempat parkir kami siapkan personel. Bahkan sterilisasi sudah dilakukan,” kata dia. 

Beberapa gereja yang akan dikunjungi Kapolri, Panglima TNI dan Plt Gubernur DKI yakni Gereja GKI di Melawai, Jakarta Selatan. Kemudian HKBP Menteng, Gereja Imanuel dan Gereja Katedral.

Polda Metro Jaya telah menyiapkan sekitar 6 ribu personel untuk mengamankan kegiatan ibadah misa Natal ini. Jadwal misa Natal sendiri berbeda-beda, seperti di katedral sudah mulai berlangsung sore ini.

Selain gereja dan tempat peribadatan, polisi juga akan mengamankan pusat perbelanjaan, tempat wisata hingga di titik-titik rawan aksi kriminal.

Rikwanto mengatakan, untuk memaksimalkan pengamanan, sejumlah gereja besar di DKI Jakarta sepakat pada sistem pemeriksaan secara menyeluruh. Artinya, setiap pengunjung akan diperiksa dengan standar operasi pengecekan.

“Keluar masuk pengunjung dilakukan penggeledahan. Itu sudah disetujui pihak gereja,” kata Rikwanto. Selain itu gereja juga telah dipasang metal detector. Hal ini untuk menghindari barang bawaan yang berbahaya lolos ke dalam gereja.

 –Rappler.com 

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!