Kader HMI ikut jaga keamanan malam kudus di Manokwari

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Kader HMI ikut jaga keamanan malam kudus di Manokwari

ANTARA FOTO

‘Tidak ada pilihan lain, melainkan kita harus saling menjaga dan sudah sangat jelas bahwa Islam adalah rahmat bagi seluruh alam’

JAKARTA, Indonesia — Puluhan kader Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) cabang Manokwari, Papua Barat, ikut mengawal pelaksanaan ibadah malam kudus umat Kristen di daerah ini, pada Sabtu, 24 Desember.

Ketua Umum HMI Cabang Manokwari Saleh Safua, mengatakan anggotanya melebur bersama personel Polri dan TNI pada pengamanan tersebut. 

Ia mengatakan bahwa kegiatan pengawalan ibadah malam kudus rutin dilaksanakan setiap perayaan Natal di Manokwari. Tujuannya agar mengaktualisasikan sikap toleransi beragama di kalangan kader HMI.

“Hidup rukun berdampingan, saling menjaga, dan saling melindungi tentu itu yang diharapkan. Pengkaderan HMI bukan sekadar pada kecerdasan intelektual, namun emosional dan spiritual pun menjadi hal terpenting dalam pengkaderan,” kata Saleh.

Menurutnya, pelibatan langsung kader-kader HMI dalam pengawalan hari-hari besar agama lain juga sebagai bagian untuk membentuk sikap atau emosional kader dalam menghadapi fakta sosial.

“Tidak dapat dipungkiri bahwa kita hidup di tengah masyarakat dari berbagai etnis, suku, dan agama. Tidak ada pilihan lain, melainkan kita harus saling menjaga dan sudah sangat jelas bahwa Islam adalah rahmat bagi seluruh alam,” katanya.

Saleh menuturkan, setiap manusia membutuhkan peran orang lain tanpa memandang latar belakang suku dan agama. Kerja sama yang saling menguntungkan (simbiosis mutualisme) terbentuk secara alami dalam kehidupan sosial.

“Tanpa kita sadari selama ini kita hidup dari peran orang lain dan kita tidak pernah bertanya apa agama dari orang-orang yang sudah memberikan manfaat kepada kita. Bagi kami bertoleransi dan saling menjaga dalam beragama, pada ranah sosial adalah bagian dari rasa syukur,” ujarnya. —Antara/Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!