Bupati Klaten ditangkap KPK

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Bupati Klaten ditangkap KPK
Belum diketahui kasus apa yang menjerat Sri Hartini

JAKARTA, Indonesia (UPDATED) – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) terhadap Bupati Klaten Sri Hartini.

“Benar, salah satunya [Bupati Klaten],” kata Ketua KPK Agus Rahardjo melalui pesan singkat di Jakarta, Jumat, 30 Desember.

Agus belum mau menjelaskan kasus yang melilit Sri Hartini hingga ia ditangkap. Waktu dan tempat penangkapan juga masih belum diinformasikan. 

“Informasi lain masih akan kami sampaikan berikutnya,” kata juru bicara KPK Febri Diansyah.

KPK saat ini menyegel ruang kerja Bupati Klaten Sri Hartini di Gedung B kompleks Setda Kabupaten Klaten di Jalan Pemuda. Selain itu satu unit mobil operasi Toyota Innova warna hitam nopol AD 100 C juga ikut disegel. Mobil tersebut adalah mobil operasional Bupati Klaten.

Sri Hartini adalah istri mantan Bupati Klaten Haryanto Wibowo yang pernah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus proyek pengadaan buku paket tahun ajaran 2003/2004 senilai Rp4,7 miliar. 

PDIP langsung pecat Sri Hartini

Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (DPP PDIP) pun langsung menjatuhkan sanksi pemecatan terhadap Sri Hartini.

“Terhitung pukul 12:30 WIB siang ini, yang bersangkutan tidak lagi menjadi anggota partai. Sanksi pemecatan seketika adalah bukti keseriusan DPP PDIP dalam menegakkan disiplin partai,” kata Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto di Jakarta, Jumat.

Hasto mengatakan, apa yang dilakukan Sri sangat tidak pantas dan partai meminta maaf atas penyalahgunaan kekuasaan tersebut.

Menurutnya, setelah mendapat kabar Bupati Klaten kena OTT KPK, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri langsung memerintahkan untuk diberikan sanksi pemecatan seketika.

“Tindakan yang bersangkutan sangat memalukan dan masuk pelanggaran berat sehingga sanksi pemecatan seketika dengan tidak disertai bantuan hukum merupakan keputusan untuk memberikan efek jera bagi siapa pun yang melakukan tindak pidana korupsi,” kata Hasto. —Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!