Biaya rekonstruksi gempa Aceh mencapai Rp 1 triliun

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Biaya rekonstruksi gempa Aceh mencapai Rp 1 triliun
"Untuk membangun sarana dan prasarana yang rusak."

JAKARTA, Indonesia – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan dana rehabilitasi dan rekonstruksi akibat gempa yang menghantam Kabupaten Pidie Jaya, Bireuen, dan Pidie mencapai Rp1 triliun.

“Saya sudah cek tadi angkanya mendekati Rp1 triliun untuk membangun sarana dan prasarana yang rusak,” kata Sri Mulyani saat berkunjung ke Kabupaten Pidie Jaya, Aceh, yang menjadi pusat gempa, Kamis 5 Januari 2017. 

Menteri Sri Mulyani mengatakan dana Rp 1 triliun tersebut saat ini telah disiapkan dalam APBN 2017. Dana tersebut nantinya akan dikoordinasikan dengan Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB).

Ia mengatakan dana rehabilitasi dan rekonstruksi akan segera diproses sehingga pembangunan sarana ibadah, sekolah, rumah warga, dan jalan yang rusak akibat gempa bisa segera dimulai.

“Insya Allah pembangunan kembali sarana dan prasarana yang rusak akibat gempa akan dilaksanakan pada 2017,” kata Sri Mulyani.

Gempa berkekuatan 6,5 SR menggoyang Kabupaten Pidie Jaya pada Rabu, 7 Desember 2016. Akibatnya 104 orang tewas, ratusan rumah dan gedung-gedung pemerintahan termasuk sekolah hancur. —dengan laporan ANTARA/Rappler.com 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!