Jokowi: Kuota haji Indonesia di tahun 2017 menjadi 221 ribu

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Jokowi: Kuota haji Indonesia di tahun 2017 menjadi 221 ribu

ANTARA FOTO

Angka ini merupakan kuota normal sebelum dipotong 20 persen oleh Pemerintah Arab Saudi

JAKARTA, Indonesia – Presiden Joko “Jokowi” Widodo mengatakan kuota jemaah haji Indonesia di tahun 2017 kembali ke angka 211 ribu. Angka ini merupakan nominal kuota normal sebelum dipotong 20 persen oleh Pemerintah Arab Saudi akibat adanya renovasi di Kompleks Masjidil Haram yang sudah berlangsung sejak tahun 2013.

“Ini merupakan tindak lanjut dari kunjungan saya ke Arab Saudi pada September 2015 yang lalu dan pertemuan saya dengan Deputi Kerajaan Saudi di Guang Zho pada September 2016 yang lalu maka saya telah meminta kepada Menteri Agama dan Menteri Luar Negeri untuk melakukan pembicaraan tindak lanjut dari pertemuan itu,” ujar Jokowi ketika memberikan keterangan pers pada Rabu, 11 Januari di Istana Merdeka.

Dari proses pembahasan tindak lanjut tersebut, maka Pemerintah Arab Saudi telah memutuskan untuk mengembalikan kuota normal haji bagi Indonesia dari 168.800 menjadi 211.000 untuk tahun 2017. 

“Selain mengembalikan kuota sebesar 211 ribu jemaah, Pemerintah Arab Saudi juga setuju tambahan kuota Indonesia dan memutuskan tambahan 10 ribu. Dengan demikian, kuota haji untuk jemaah Indonesia tahun 2017 menjadi 221 ribu,” kata mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Atas keputusan tersebut, Jokowi menyampaikan penghargaan yang tinggi kepada Saudi. Apresiasi juga disampaikan karena Negeri Petro Dollar itu terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan bagi jemaah haji, termasuk dari Indonesia.

“Dengan adanya keputusan ini, maka persiapan haji tahun 2017 sudah dapat dilakukan sejak dini,” kata dia.

Jokowi juga menyampaikan telah menerima informasi mengenai rencana kunjungan Raja Salman dari Saudi pada bulan Maret mendatang. Dia mengatakan akan menyambut kedatangan Raja Salman dengan baik.

Hal ini menjadi kabar positif bagi jemaah asal Indonesia yang ingin menunaikan ibadah haji di tahun 2017. Dengan begitu, mereka memiliki kesempatan lebih besar untuk bisa ke Saudi dan tidak lagi perlu menunggu lebih lama. – Rappler.com

BACA JUGA:

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!