Pemerintah Palestina keberatan jika bendera negara dibawa dalam aksi demonstrasi di Indonesia

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Pernyataan itu disampaikan lantaran Pemerintah Palestina ingin berkomitmen untuk tidak ingin mencampuri politik dalam negeri di Indonesia.

BENDERA PALESTINA. Bendera Palestina terlihat ketika massa Front Pembela Islam (FPI) berdemonstrasi di depan kantor Mabes Polri pada Senin, 16 Januari. Ketika itu massa menuntut agar Kaplolri mencopot Kapolda Jawa Barat karena menjadi pembina ormas GMBI. Foto oleh Santi Dewi/Rappler

JAKARTA, Indonesia – Pemerintah Palestina melalui Kedutaan mereka di Jakarta mengaku keberatan jika atribut negaranya muncul dalam aksi demonstrasi yang belakangan semakin sering terjadi di berbagai daerah di Indonesia. Bahkan, di beberapa aksi unjuk rasa kerap berujung dengan kericuhan.

Mereka mengaku khawatir kehadiran bendera dan atribut Palestina dalam berbagai aksi demonstrasi di Tanah Air bisa dianggap sebagai bentuk intervensi urusan internal Indonesia. Padahal, bendera merupakan simbol satu negara. 

“Kedutaan menyesali menyaksikan akhir-akhir ini bendera Palestina dikibarkan dalam aksi unjuk rasa yang tidak damai dan dikaitkan sepenuhnya dengan urusan domestik Indonesia. Jelas perbuatan semacam itu tidak dapat diterima sebagai tanda dukungan atau solidaritas dengan Palestina,” ujar perwakilan Kedutaan Palestina di Jakarta melalui keterangan tertulis yang dikeluarkan pada Sabtu, 21 Januari.

Bahkan, Kedutaan menyentil kelompok-kelompok tertentu yang justru tidak mampu menjaga perdamaian di Indonesia, tetapi tetap membawa-bawa bendera Palestina dalam aksi mereka.

“Sahabat sejati dan tulus Palestina seharusnya dapat menjaga stabilitas dan perdamaian di negara mereka sendiri jika mereka tulus ingin mencapai perdamaian di Palestina. Oleh sebab itu, Kedutaan yakin bahwa warga Indonesia tidak akan tertiup oleh upaya individu atau kelompok tertentu yang menggunakan bendera kami untuk menutupi agenda domestik mereka yang tidak baik,” kata mereka lagi.

KEBERATAN. Kedutaan Palestina di Jakarta mengaku keberatan melihat beredarnya bendera dan atribut negara mereka dalam aksi demonstrasi di Tanah Air yang berisi urusan domestik Indonesia. Foto: istimewa

Pernyataan itu disampaikan lantaran Pemerintah Palestina ingin berkomitmen untuk tidak ingin mencampuri politik dalam negeri di Indonesia. Selain itu, mereka tidak upaya Palestina untuk bisa memperoleh kemerdekaan dan negara yang berdaulat, justru dijadikan alat provokasi dalam beragam demonstrasi politik di dalam negeri.

Kedutaan Palestina di Jakarta tidak menyebut secara spesifik aksi demo mana yang terlihat mulai membawa atribut negara mereka. Namun, mereka mengakui intensitasnya semakin sering terlihat sejak aksi demonstrasi tahun 2016 lalu. 

Walau demikian, Pemerintah Palestina mengaku bersyukur karena Indonesia tetap konsisten memberikan dukungan bagi kemerdekaan dan penghentian penjajahan Israel di teritori Palestina. – Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!