Rizieq Shihab diperiksa kasus makar, massa FPI kembali geruduk Mapolda

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Rizieq Shihab diperiksa kasus makar, massa FPI kembali geruduk Mapolda
Rizieq Shihab, Munarman, dan Bachtiar Nasir akan diperiksa dalam kasus makar.

JAKARTA, Indonesia (Update) — Polda Metro Jaya akan memanggil Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab untuk dimintai keterangannya dalam kasus dugaan makar, hari ini.

Meski Kepolisian telah berulangkali menghimbau agar Rizieq Shihab tidak membawa massa, namun tetap saja anggota FPI akan menggeruduk Mapolda Metro Jaya untuk mengawal pimpinan mereka.

Saat ini sejumlah anggota FPI bahkan sudah berada di Masjid Al Azhar, Kebayoran Baru. Tiga mobil komando lengkap dengan pengeras suara juga sudah bersiaga di halaman masjid.

Dari masjid Al Azhar tersebut mereka rencananya akan berjalan kaki menuju Mapolda Metro Jaya. Diperkirakan 2 ribu orang akan mengikuti aksi ini.

Selain Rizieq Shihab, Polda juga akan memeriksa Sekretaris Jenderal FPI Munarman dan Ketua Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) MUI Bachtiar Nasir untuk kasus yang sama.

Rizieq Shihab tiba di Mapolda Metro

Pemimpin FPI sekaligus Pembina GNPF-MUI Rizieq Shihab tiba di Mapolda Metro sekitar pukul 10.30 WIB dengan menggunakan mobil Pajero Sport bernomor polisi B 1 FPI. 

“Hari ini saya dan Bachtiar Nasir serta Munarman dipanggil untuk memberi keterangan sebagai saksi terhadap Ibu Rachmawati Soekarnoputri atas tuduhan makar,” kata Rizieq kepada wartawan.

Rizieq mengatakan dirinya akan memberikan penjelasan kepada penyidik tentang kasus dugaan makar ini. Ia juga mengakui jika dirinya akrab dengan Rachmawati dan sering bertukar pendangan terkait situasi bangsa terkini.

“Juga ada pertemuan di beberapa acara dengan ormas Islam dan ormas nasionalis. Tapi sekali lagi, pertemuan tersebut sama sekali tidak ada rencana makar atau pemufakatan makar atau perbuatan melawan hukum,” kata Rizieq.

Bachtiar Nasir yang tiba di Mapolda Metro sebelum Rizieq juga mengatakan hal serupa. Ia mengaku tidak mendengar adanya pembahasan aksi makar dengan mendompleng Aksi Damai 411. “Tidak ada hubungan ke sana,” kata Bachtiar. —Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!