fashion shows

Alfito Deannova akan pimpin debat ketiga Pilgub DKI

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Alfito Deannova akan pimpin debat ketiga Pilgub DKI
KPU DKI menjamin Alfito akan bersikap netral dan independen ketika memimpin debat yang digelar pada Jumat, 10 Februari

JAKARTA, Indonesia – Komisi Pemilihan Umum DKI telah menunjuk Alfito Deannova Ginting sebagai moderator pada debat ketiga Pilgub yang digelar pada Jumat, 10 Februari. Ketua KPU DKI, Sumarno, mengatakan Alfito dipilih karena dianggap independen dan sudah berpengalaman menjadi presenter di beberapa stasiun televisi.

Saat ini, Alfito tercatat merupakan presenter CNN Indonesia. Sebelumnya, dia juga pernah menjadi presenter di SCTV dan tvOne. Hal lain yang menjadi pertimbangan KPU DKI yakni pria berusia 39 tahun itu dinilai netral dan tidak berafiliasi dengan pasangan calon mana pun.

“Dia independen, tidak terlibat dengan pasangan calon mana pun dan sudah terbiasa membawakan acara-acara serta menjadi host berbagai media,” ujar Sumarno yang ditemui di kantor Polda Metro Jaya pada Jumat, 3 Februari.

KPU juga mempertimbangkan masukan dari empat televisi penyelenggara debat publik yakni Kompas TV, Trans Corp, SCTV dan Jak TV.

“Pasti kan ini juga (mendapat) masukan dari pihak media juga. Mereka memilih tentu dari televisi penyelenggara. Mereka sepakat dari beberapa nama yang ditawarkan. Kemudian, kami memilih Mas Alfito,” kata dia.

Dalam debat terakhir nanti, tempat penyelenggaraan tetap di Hotel Bidakara. Konsepnya kembali ke format lama di mana moderator debat hanya satu orang. Dalam debat kedua, KPU DKI memutuskan menggunakan dua moderator yakni Tina Talisa dan Eko Prasojo. (BACA: Tina Talisa dan 5 hal tentang debat kedua Pilgub DKI)

Sumarno menjelaskan alasan KPU DKI hanya menggunakan satu moderator karena temanya fokus ke satu tema yakni masalah kependudukan dan peningkatan kualitas hidup masyarakat Jakarta. Lintas tema yang akan dibahas yakni pemberdayaan perempuan, perlindungan anak, anti narkotika dan kebijakan untuk kaum disabilitas.

“Walaupun ada lintas tema di dalamnya, kemudian untuk alur debatnya tidak terlalu berbeda jauh, (tetap) 6 segmen dan pertanyaan moderator dijawab oleh pasangan calon. Ada pasangan calon yang saling bertanya dan menanggapi,” kata dia. (BACA: KPU DKI tetapkan tema debat ketiga)

Pakta integritas

Sumarno menjamin kendati Alfito masih bekerja sebagai presenter aktif di salah satu stasiun televisi, dia akan tetap netral. Hal tersebut sudah menjadi kesepakatan dari penyelenggara.

Untuk meyakinkan, setiap moderator dan penalis dalam debat diminta untuk mendantangani pakta integritas sebelum bertugas. Langkah itu dilakukan agar semua yang terlibat dalam persiapan debat tetap menjaga integritas mereka.

Pakta itu juga menjadi pengikat semua pihak yang terlibat dalam debat Pilkada DKI tidak akan membocorkan pertanyaan-pertanyaan yang sudah disusun oleh panelis.

“Yang menandatangani pakta integritas adalah semua yang terlibat dalam pembahasan soal, panelis, moderator dan KPU sendiri,” kata dia. – Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!