Jokowi berharap sepakbola bisa menyatukan rakyat Indonesia

Dyah Ayu Pitaloka

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Jokowi berharap sepakbola bisa menyatukan rakyat Indonesia
Turnamen Piala Presiden 2017 dibuka dengan duel antara PSS Sleman melawan Persipura Jayapura.

YOGYAKARTA, Indonesia – Kick off Piala Presiden 2017 resmi dimulai pada Sabtu, 4 Februari di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta. Turnamen itu dimulai dengan tendangan pembuka dari Presiden Joko “Jokowi” Widodo di tengah lapangan.

Dalam pidatonya, mantan Gubernur DKI itu berharap Piala Presiden 2017 bisa menjadi momentum kebangkitan sepakbola Indonesia dan manajemen olahraga itu menjadi lebih profesional. Selain itu, dia ingin agar sepak bola menjadi olahraga yang mampu melebur segala perbedaan dan mempererat persatuan di Indonesia.

“Saya ingin sepakbola yang mempersatukan, sekali lagi mempersatukan. Jadi hiburan yang sehat bagi seluruh rakyat Indonesia,” katanya di stadion.

Sementara, Gubernur Sri Sultan Hamengkubowono X yang ikut mendampingi Jokowi di Stadion Maguwoharjo berharap piala presiden akan diikuti dengan kebangkitan prestasi sepakbola di kancah internasional.

“Seperti di Olimpiade Australia beberapa dekade lalu,” katanya.

Piala Presiden dibuka dengan pertandingan antara PSS Sleman melawan juara Indonesia Soccer Championship 2016, Persipura Jayapura. Terdapat 20 tim yang terbagi ke dalam lima grup dan tersebar di lima lokasi berbeda yakni Sleman, Malang, Madura, Bandung dan Gianyar. (BACA: Kick off di Yogyakarta, ini jadwal pertandingan Piala Presiden 2017)

ELANG. Pendukung PSS Sleman membentuk pola berbentuk burung elang untuk mendukung tim mereka di pembukaan Piala Presiden 2017 pada Sabtu, 4 Februari. Foto oleh Dyah Ayu Pitaloka/Rappler

Mereka adalah 18 tim peserta Liga 1 ditambah PSS Sleman serta PSCS Cilacap. Babak penyisihan grup akan berlangsung hingga 19 Februari.

Nantinya, akan dipilih lima juara grup dan tiga runner up terbaik untuk melanjutkan persaingan di babak delapan besar yang akan berlangsung dalam dua hari yaitu pada tanggal 25-26 Februari.

Dalam pertandingan perdana, Stadion Maguwoharjo yang berkapasitas mencapai 30 ribu penonton terlihat penuh dengan pendukung kedua tim, yakni Laskar Elang Jawa, suporter PSS Sleman dan Persipura Mania Yogyakarta. Sebelum bertanding, Laskar Elang Jawa membuat formasi menyerupai burung elang, lambang tim mereka. – Rappler.com

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!