Ratusan imigran berunjuk rasa di Kupang

Jose

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Ratusan imigran berunjuk rasa di Kupang
Mereka menuntut dipindahkan ke negara ketiga

KUPANG, Indonesia — Sekitar 150 imigran gelap yang ditampung di Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), berunjuk rasa menuntut International Organization for Migration (IOM) dan UNHCR untuk segera mengirim mereka ke negara ketiga.

“Mereka hanya demo biasa, menuntut agar jangan terlalu lama di resettlement, tapi segera dikirim negara ketiga bagi mereka,” kata Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Hukum dan HAM NTT Fery Sihite, Kamis 16 Februari 2017.

Para imigran gelap ini telah ditampung selama bertahun-tahun di Rudenim Kupang tanpa kepastian. Mereka berharap bisa dikirim ke negara penerima. “Para imigran minta agar cepat diproses nasib mereka,” kata Fery.

Fery mengaku belum mendapat laporan resmi terkait adanya aksi demo ini, namun menurut dia, tuntutan para imigran ditujukan kepada IOM dan UNHCR, bukan kepada imigrasi. “Agar penempatan mereka ada kepastian waktu,” tegasnya. 

Saat ini Rudenim Kupang menampung 150-an imigran dari berbagai negara, seperti Afganistan, Bangladesh, India dan Myanmar. —Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!