Hampir separuh ruas jalan di Jawa Barat rusak

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Hampir separuh ruas jalan di Jawa Barat rusak
Dari 1.700 km total panjang jalan yang melintang di seluruh Jawa Barat, 40 persen di antaranya rusak.

 

JAKARTA, Indonesia — Kepala Dinas Bina Marga dan Tata Ruang Jawa Barat M Guntoro mengatakan hampir separuh ruas jalan di Jawa Barat saat ini dalam keadaan rusak.

Ia menyebutkan, dari 1.700 km total panjang jalan yang melintang di seluruh Jawa Barat, sekitar 40 persen di antaranya telah mengalami kerusakan. 

“Perbandingannya 40 banding 60, dengan rincian yakni 40 persen rusak, 60 persen baik,” kata Guntoro di Bandung, Selasa 21 Februari 2017.

Kerusakan jalan ini, Guntoro melanjutkan, merata di seluruh wilayah Selatan, Tengah dan Utara Jawa Barat, walaupun kategori kerusakannya berbeda. Ada yang rusak ringan, sedang, dan berat. 

Rusaknya ruas-ruas jalan ini antara lain karena kecilnya anggaran dari pemerintah pusat untuk perawatan jalan nasional. Akibatnya, perawatan jalan pun tidak maksimal. 

Seringnya bencana alam seperti longsor dan gempa bumi juga menjadi penyebab lain rusaknya ruas-ruas jalan di Jawa Barat. Guntoro mencontohkan longsor yang terjadi di jalur Kuningan-Majalengka membuat ruas jalan tersebut mengalami kerusakan. 

“Kami diminta membantu dengan melakukan pengurukan jalan amblas tersebut untuk tindak tanggap, padahal tahun ini kami tidak memiliki dana tanggap darurat,” keluh Guntoro. —dengan laporan ANTARA/Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!