Hindari wilayah Indonesia, PM Israel mengambil jalan berputar ke Sydney

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Hindari wilayah Indonesia, PM Israel mengambil jalan berputar ke Sydney
Benjamin Netanyahu harus menempuh perjalanan dua jam lebih lama.

JAKARTA, Indonesia — Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu terpaksa harus mengambil jalan berputar saat bertolak dari Singapura menuju Sydney, Australia.

Terbang dengan maskapai El Al, orang nomor satu di Israel tersebut harus menghindari wilayah udara Indonesia karena pemerintah Republik Indonesia tidak mengizinkan pesawat tersebut melintas.

Sebab pemerintah Indonesia tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel. Sehingga Netanyahu pun harus mengambil jalur berputar melalui Kuala Lumpur-Kota Kinabalu-Manila-Papua Nugini sebelum tiba di Sydney.

Harian The Guardian menyebutkan Netanyahu baru mendarat di Sydney pada Rabu 22 Ferbuari 2017, sekitar pukul 06.30 waktu Australia Timur. Ia menempuh perjalanan dua jam lebih lama.

Sebab, menurut situs pelacakan penerbangan FlightAware, waktu tempuh normal dari Singapura menuju Sydney hanya 8 jam. Namun penerbangan Netanyahu kali ini memakan waktu hingga 11 jam.

Selain Indonesia, sejumlah negara dengan mayoritas muslim seperti Pakistan juga melarang pesawat Israel melintasi wilayah udara mereka.

Netanyahu pada Maret tahun lalu pernah berharap adanya hubungan diplomatik antara Indonesia dengan Israel. Ia melihat banyak peluang yang bisa digarap dari hubungan diplomatik tersebut.

“Saya punya beberapa kawan di Facebook yang adalah warga Indonesia,” kata PM Netanyahu saat menerima beberapa wartawan Indonesia yang diundang oleh Kementerian Luar Negeri Israel beberapa waktu lalu.

Namun pemerintah Indonesia masih enggan menjalin hubungan diplomatik dengan Israel. Dan selama Palestina belum merdeka, agaknya hubungan diplomatik Indonesia-Israel tidak akan pernah terwujud. —Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!