Banjir bandang terjang Pidie, puluhan rumah rusak

Habil Razali

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Banjir bandang terjang Pidie, puluhan rumah rusak
"Jalan lintas kabupaten terjadi penumpukan longsor di 11 titik."

 

BLANG DHOT, Indonesia – Banjir bandang menerjang sejumlah desa di Kabupaten Pidie, Aceh, Senin pagi. Akibatnya puluhan rumah mengalami kerusakan dan sejumlah jalan terputus.

“Jalan lintas kabupaten terjadi penumpukan longsor di 11 titik,” kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pidie, Apriadi kepada Rappler, Senin pagi, 27 Februari 2017.

Banjir bandang antara lain menerjang Desa Blang Dhot, Ranto Panyang, dan Pulo Seunong. Banjir lantaran hujan deras yang mengguyur Kabupaten Pidie sejak Minggu sore.

Sebanyak 28 rumah rusak ringan dan 6 rumah rusak berat di Desa Rantau Panyang. Sementara di Desa Blang Dhot, 16 unit rumah mengalami kerusakan ringan. Selain itu empat unit rumah juga mengalami kerusakan ringan di Desa Pulo Seunong.

Selain rumah, kata Apriadi, banjir juga merusak ruas jalan nasional di Desa Blang Dhot. Jalan lintas Beureunuen – Tangse di Desa Blang Bungong, misalnya, amblas sepanjang 10 meter dengan kedalaman 3 meter.

Seorang warga bernama  M Yunus (37) mengatakan dirinya sedang berada di dalam rumah ketika banjir menerjang. “Air datang secara tiba-tiba. Saat air menerjang disertai suara gemuruh, kami langsung berlarian menyelamatkan diri,” kata Yunus.

Banjir membuat rumah Yusuf tak hanya tergenang air, tapi juga tertimbun lumpur. “Kami sangat mengharapkan bantuan seperti alas tidur dan selimut. Barang-barang di rumah semuanya terkena lumpur banjir,” ujar Yunus.

Camat Tangse M Jakfar mengatakan saat ini sejumlah warga sudah mulai membersihkan rumah rumah mereka dari genangan dan lumpur. Selain itu banjir bandang juga membawa batu-batuan. —Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!