Polda Kalbar ungkap dua sedan Porsche selundupan dari Malaysia

Slamet Ardiansyah

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Polda Kalbar ungkap dua sedan Porsche selundupan dari Malaysia
Untuk mengelabui petugas, mereka menimbun dua Posche dengan ban-ban bekas

PONTIANAK, Indonesia — Polda Kalimantan Barat mengamankan dua sedan mewah jenis Porsche Carrera yang diduga diselundupkan dari Malaysia pada Selasa malam, sekitar pukul 23.00 WIB.

Dua sedan mewah tersebut diangkut melintasi perbatasan dengan truk fuso bernomor polisi BE 9304 GN. Rencananya dua Porsche tersebut akan dibawa ke Jakarta melalui Pelabuhan Dwi Kora Pontianak. 

“Kedua mobil dinaikan ke truck fuso dari Batu Layang dan direncanakan akan di berangkatkan dengan kapal laut,” kata Direktur Kriminal Khusus Polda Kalbar, Kombes Pol Masudi, Rabu 1 Maret 2017. 

Selain mengamankan dua sedan Porsche, polisi juga menangkap sopir, kernet serta dua orang lain yang diduga pengorder mobil mewah tersebut. Mereka kemudian digiring ke Polda Kalimantan Barat.

YM, sopir truk, diketahui beralamat di Desa Bulung Cangkring, Kudus, Jawa Tengah. YM mengatakan dirinya hanya diperintah untuk membawa kedua mobil tersebut ke Cirebon.

“Mereka dijanjikan Rp.10 juga, baru dibayar Rp 6 juga sebagai modal awal untuk tiket kapal dan pembayaran sisanya setelah barang tiba di tempat tujuan,” kata Masudi.

Masudi mengatakan pihaknya telah mengantongi identitas pemesan kedua mobil Porsche tersebut. Mereka berada di Jakarta. Namun sebelumnya pihaknya akan terlebih dahulu mencari tahu apakah kedua Porsche tersebut terdaftar di Indonesia.

“Kepastiannya nanti dari hasil pemeriksaan fisik, no rangka dan no mesin apakah mobil ini dari luar negeri atau tidak. Tetapi yang jelas, mobil tersebut masuk dari perbatasan,” kata Masudi.

Masudi mengatakan modus penyelundupan mobil mewah melalui truk fuso ini adalah modus baru. Untuk mengelabui petugas, truk fuso ditimbun dengan karet sehingga sulit dideteksi keberadannya.

Diduga penyelundupan dua Porsche ini adalah bagian dari operasi sindikat. “Masuk dalam pelanggaran Kepabeanan dan UU Perdagangan karena barang dari luar yang masuk secara ilegal,” kata Masudi. —Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!