Saksi Ahok ‘hadirkan’ Gus Dur ke dalam persidangan

Ursula Florene

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Saksi Ahok ‘hadirkan’ Gus Dur ke dalam persidangan
Gus Dur mengatakan konteks Surah Al Maidah ayat 51 adalah pemimpin agama, bukan pemimpin negara.

JAKARTA, Indonesia – Seorang saksi yang dihadirkan tim kuasa hukum Basuki “Ahok” Tjahaja Purnama, Eko Cahyono, membawa-bawa nama Abdurrahman Wahid alias Gus Dur ke persidangan dugaan penodaan agama yang digelar di Gedung Kementerian Pertanian, hari ini.

Eko mengatakan Gus Dur pernah datang ke Bangka Belitung saat Pilada Bangka Belitung 2007 untuk meluruskan tafsir Surah Al Maidah ayat 51 yang saat itu banyak diartikan sebagai larangan umat muslim memilih pemimpin nonmuslim.

Gus Dur yang saat itu menjabat sebagai Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mengatakan konteks ayat tersebut adalah pemimpin agama. “Bukan pemimpin negara,” kata Eko mengutip ucapan Gus Dur.

Saat itu, Eko melanjutkan, Gus Dur juga meminta warga Bangka Belitung untuk memilih pemimpin yang rajin, disiplin, dan jujur, tanpa melihat latar belakang agamanya.

Kehadiran Gus Dur di Bangka Belitung ini dibuktikan dengan rekaman video berdurasi 5 menit yang ditunjukkan oleh tim penasehat hukum. Ahok sendiri mengatakan dirinya menemani Gus Dur selama di Bangka Belitung.

Eko mengatakan, saat Pilkada Bangka Belitung 2007, dirinya maju bersama Ahok. Saat itu mereka diterpa isu SARA. “Pemakaian (surah Al Maidah 51) sudah ada sejak Ahok ikut Pilgub Bangka Belitung. Dalam bentuk khotbah Jumat, pamflet, selebaran,” kata Eko.

Menurut dia, permainan SARA ini juga yang diasumsikan menjadi penyebab kalahnya pasangan Ahok-Eko saat itu. Perolehan suara mereka menempati posisi kedua dari 5 pasangan calon. 

Eko memastikan Ahok tidak pernah membenci umat Islam. Bahkan, kata Eko, Ahok justru kerap memberangkatkan orang-orang kecil untuk umroh semasa menjadi Bupati Belitung Timur.

“Kemudian yang paling penting lagi, Pak Ahok mengetahui arti surat Al Maidah ayat 51 dari Gus Dur. Karena memang sebelum menyampaikan orasinya di lapangan, Gus Dur bersama Pak Ahok,” kata dia. —Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!