Patung macan lucu di depan Koramil Garut diganti

Yuli Saputra

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Patung macan lucu di depan Koramil Garut diganti
Saat ini patung macan lucu tersebut telah diganti

BANDUNG, Indonesia (Update) — Patung ‘macan mengantuk’ yang selama enam tahun berdiri di depan Koramil 1123 Cisewu Garut kini tak ada lagi. Patung tersebut telah dibongkar lantaran dikritik netizen karena penampakkannya yang lucu. Padahal, sebagai patung macan, seharusnya ia membuat ngeri.

Jika diperhatikan, dengan mata seperti mengantuk dan mulut terbuka lebar, sosok patung macan di depan Koramil Cisewu tersembut memang lebih sering mengundang tawa dibanding membuat takut.

Tak mengherankan jika foto patung macan mengantuk tersebut kemudian viral di media sosial. Bahkan banyak meme lucu lahir dari foto tersebut. Komentar para netizen dan meme-meme lucu yang bermunculan di media sosial ternyata sampai ke Pangdam III Siliwangi Mayjen M. Herindra.  Ia pun langsung meminta patung tersebut dibongkar dan diganti dengan patung macan baru yang lebih sangar.

“Pangdam langsung menyampaikan, dimintakan kepada satuan tersebut, patungnya diganti,” ujar Kapendam III Siliwangi, Letkol ARM Mokhamad Desi Ariyanto, saat dihubungi, Kamis 16 Maret 2017.

Desi mengatakan, selain lambang Kodam Siliwangi, macan juga memiliki arti penting bagi warga Jawa Barat karena dianggap merepresentasikan Prabu Siliwangi. Macan juga menjadi simbol dari nilai-nilai luhur yang diwariskan oleh leluhur Prabu SIliwangi, yakni gagah, berani, ulet, dan pantang menyerah.

“Nah, patung yang di Koramil Cisewu tidak mencerminkan hal itu.  Oleh karenanya, kita ganti dengan patung macan yang lebih sesuai,” paparnya.

Desi menjanjikan, patung macan yang baru akan selesai dalam waktu dua hari ke depan. Tentunya, patung baru tersebut akan dibuat oleh seniman yang lebih mumpuni.“Saat membuat dulu senimannya kurang canggih,” kata Desi.

Pembuatan patung macan pengganti ternyata lebih cepat. Hari ini Kodam Siliwangi III memposting foto patung macan baru mereka di akun twitter resmi mereka. jika dilihat, patung tersebut memang terkesan lebih sangar dari patung sebelumnya.

 

“Hari ini sudah langsung dipasang (patung macan barunya),” kata Kapendam Kodam III Siliwangi Letkol ARM Mokhamad Desi Ariyanto saat dihubungi, Jumat 17 Maret 2017.

Desi mengatakan nantinya akan ada standar dalam pembuatan patung harimau yang menjadi lambang Kodam III Siliwangi. Hal itu sudah menjadi perintah dari Pangdam III Siliwangi, Mayjen M. Herindra.

“Itu sudah pasti diperintahkan. Panglima sudah memerintahkan kepada jajarannya, kalau buat patung kebanggaan satuannya, harus bagus dan cari orang yang bikin patungnya bagus, jangan yang asal,” ujar Desi. 

 

 —Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!