Kota Bima tetapkan darurat banjir hingga 30 Maret

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Kota Bima tetapkan darurat banjir hingga 30 Maret
Selain menerjang pemukiman, banjir juga merusak persawahan

JAKARTA, Indonesia — Pemerintah Kota Bima, Nusa Tenggara Barat, menetapkan masa tanggap darurat bencana banjir selama lima hari dari 26 hingga 30 Maret 2017 mendatang. 

“Distribusi logistik, termasuk pendirian dapur umum di BPBD Kota Bima sudah dilakukan,” kata Pelaksana Tugas Kepala Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Kota Bima Syahrial Nuryadin, Selasa 28 Maret 2017.

Banjir menerjang 22 kelurahan di lima kecamatan Kota Bima pada Minggu, 26 Maret 2017. Lima kecamatan yang terdampak yakni Kecamatan Rasanae, Kecamatan Rasanae Timur, Kecamatan Raba, Kecamatan Mpunda, dan Kecamatan Asakota.  

Akibatnya tak kurang dari 2.500 jiwa terpaksa mengungsi. Mereka ditampung di 15 titik pengungsian yang tersebar di Kota Bima.

Syahrial mengatakan, selain menerjang wilayah pemukiman, banjir merusak sejumlah wilayah persawahan di daerah tersebut. Tak kurang dari 77 hektare lahan tanaman padi dan 15 hektare puso rusak akibat banjir. 

 Banjir diduga terjadi karena curah hujan yang sangat tinggi di hulu sungai, membuat Sungai Padolo dan Sungai Salo kemudian meluap ke pemukiman dan areal persawahan warga. —dengan laporan ANTARA/Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!