Sidang penodaan agama kembali digelar, begini persiapan Ahok

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Sidang penodaan agama kembali digelar, begini persiapan Ahok
“Kami menyelenggarakan semacam simulasi (sidang)."

 

JAKARTA, Indonesia (Update) — Sidang kasus dugaan penodaan agama dengan terdakwa Gubernur DKI Jakarta nonaktif Basuki “Ahok” Tjahaja Purnama akan kembali digelar di Auditorium Gedung Kementerian Pertanian, Jakarta Selatan, Selasa 4 April 2017.

Agenda sidang ke-17 ini adalah pemeriksaan terhadap terdakwa, yakni Ahok. Untuk itu tim kuasa hukum Ahok telah menyiapkan kliennya agar bisa tampil percaya diri dalam persidangan.

Persiapan tersebut antara lain dilakukan dengan cara menggelar simulasi persidangan pada Senin, 3 April 2017. Dalam simulasi tersebut tim pengacara berperan seolah-olah menjadi jaksa penuntut umum dan hakim. 

“Kami menyelenggarakan semacam simulasi, jadi bagaimana nanti Pak Basuki harus menjawab pertanyaan, baik dari majelis dan jaksa penuntut umum,” kata Ketua Tim Pengacara Ahok, Trimoelja D Soerjadi, Senin 3 April 2017.   

Trimoelja memprediksi pertanyaan jaksa penuntut umum dan hakim pada persidangan nanti tidak akan jauh dari Surah Al-Maidah ayat 51 yang pernah dikutip Ahok saat berkunjung ke Kepulauan Seribu pada 27 September tahun lalu. Kutipan ayat inilah yang menyeret Ahok ke pengadilan. 

“Inti dari pertanyaan pasti apakah ada penodaan agama atau tidak karena dia menyebutkan Al Maidah ayat 51,” kata Trimoelja. Ahok diminta menjawab apa adanya setiap pertanyaan jaksa atau hakim.

Ahok mengakui jika dirinya telah melakukan persiapan bersama tim pengacaranya sehari sebelum sidang berlangsung. “Ya diskusi saja, tapi bukan simulasi juga,” katanya pada Senin 3 April 2017.

Selain menggelar simulasi, Tim Kuasa Hukum Ahok juga berencana memutar tiga rekaman video dalam sidang hari ini. Ketiga rekaman video yang akan diputar tersebut adalah Video rekaman Ahok di Kepulauan Seribu, video pidato Gus Dur, dan video pidato Ahok di Kepulauan Seribu yang diunggah oleh Buni Yani. —Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!