Cegah konflik horizontal jadi fokus Boy Rafli di Papua

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Cegah konflik horizontal jadi fokus Boy Rafli di Papua

ANTARA FOTO

Irjen Paulus Waterpauw yang pernah menjabat sebagai Kapolda Papua ditarik ke Mabes Polri.

JAKARTA, Indonesia – Irjen Boy Rafli Amar resmi menjabat sebagai Kapolda Papua dan menggantikan Irjen Paulus Waterpauw pada Jumat, 28 April. Sebagai Kapolda baru, Boy mengatakan akan fokus untuk meredam konflik horizontal masyarakat di Papua.

“Kami bisa memaksimalkan unsur kerja sama dengan seluruh stake holder, seperti pemda, tokoh adat, tokoh agama dan tokoh masyarakat,” ujar Boy yang ditemui di Mabes Polri, Jakarta usai dilantik pada pagi tadi.

Dia mengatakan akan sering mengajak semua elemen masyarakat untuk saling mengenal dan berdiskusi. Boy mengaku yakin dengan diskusi semua masalah bisa dicarikan solusi yang menguntungkan bagi semua pihak yang bersengketa.

Tetapi, di sisi lain pihak kepolisian tetap akan menjatuhkan sanksi tegas terhadap pelaku tindak pidana. Sehingga, yang menjadi pedoman masyarakat Papua adalah hukum.

“Aparat penegak hukum bertindak secara profesional, terukur dan tegas. Namun juga tetap humanis artinya segala tindakan yang dilakukan prinsipnya harus akuntabel, legitimate di mata masyarakat,” kata Boy.

Sementara, eks Kapolda Papua, Irjen Paulus Waterpauw menyarankan agar Boy segera berkoordinasi dengan Pangdam Kasuari Mayjen Joppye Onesimus Wayangkau. Menurut dia, untuk mengamankan Papua Polri harus menjaga hubungan baik dengan pimpinan TNI.

“Yang penting membangun sinergitas dan mempertahankannya dengan TNI-Polri di sana. Karena Pangdam kan ganti, saya pikir pangdam yang baru siap dan membangun sinergitas,” ujar Paulus.

Paulus mengaku akan terus berkoordinasi dengan Boy terkait program kerja prioritas yang harus dilaksanakan di Mapolda Papua. Apalagi, Papua akan menghadapi pilkada di tingkat provinsi dan daerah pada tahun depan.

“Apalagi pemilukada kemarin yang masing berlangsung sempat bermasalah. Itu perlu didampingi,” kata dia.

Paulus sendiri saat ini ditarik ke Mabes Polri dan menempati posisi sebagai Wakil Kepala Badan Intelijen dan Keamanan (Wakabaintelkam). – Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!