PH collegiate sports

Sah, KPU DKI tetapkan Anies-Sandi sebagai gubernur dan wakil gubernur

Santi Dewi

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Sah, KPU DKI tetapkan Anies-Sandi sebagai gubernur dan wakil gubernur
Pasangan Anies-Sandi akan menjabat sebagai orang nomor satu di DKI periode 2017-2022.

JAKARTA, Indonesia – Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI secara resmi menetapkan pasangan calon nomor urut tiga Anies Rasyid Baswedan dan Sandiaga Uno sebagai Gubernur serta Wakil Gubernur DKI terpilih periode 2017-2022. Berdasarkan data rekapitulasi yang dilakukan KPU DKI saat pilkada putaran kedua yang digelar tanggal 19 April kemarin, Anies-Sandi memperoleh 57,96 persen atau 3.240.987 suara.

Sementara, paslon nomor urut dua meraih 42,04 persen atau 2.350.366 suara. Dengan demikian sesuai aturan pemilihan kepala daerah di DKI jika ada calon yang berhasil meraih lebih dari 50 persen suara, maka mereka secara otomatis dinyatakan sebagai pemenang Pilkada.

Penetapan Anies-Sandi sebagai pemimpin DKI Jakarta selanjutnya dibacakan oleh Komisioner KPU DKI, Betty Epsilon Idroos.

“Menetapkan dalam pemilihan gubernur DKI tahun 2017 putaran kedua, yaitu; satu, menetapkan calon gubernur terpilih dalam Pilkada DKI tahun 2017, adalah mereka yang memperoleh suara terbanyak di DKI tahun 2017. Dua, paslon calon gubernur dan calon wakil gubernur, yaitu calon gubernur Anies Baswedan Phd dan calon wakil gubernur Sandiaga Salahudin Uno dengan partai pengusung yakni Partai Gerindra dan PKS. Ketiga, keputusan ini berlaku sejak tanggal ditetapkan” ujar Betty

Sementara, Ketua KPU DKI Sumarno mengaku bersyukur pilkada DKI yang digelar sebanyak dua putaran terbukti berjalan dengan damai dan lancar. Tidak ada kisruh seperti rumor yang selama ini berhembus.

Dia juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, termasuk 118 ribu petugas dari tingkat provinsi hingga ke KPPS karena ikut membantu proses Pilkada sebanyak dua putaran.

Sumarno meminta maaf karena rapat pleno penentuan pemenang Pilkada DKI dilakukan secara sederhana di kantor KPU. Bagi Sumarno, ada makna sentimental mengapa rapat pleno harus dilakukan di kantor KPU DKI.

“Karena pada bulan September 2016 kita memulai proses pendaftaran di sini. Maka di sini pula semua itu harus berakhir,” kata dia.

Selanjutnya, KPU DKI akan mengirimkan surat pengesahan gubernur terpilih kepada DPRD. Surat tersebut kemudian diteruskan kepada Menteri Dalam Negeri dan Presiden. Sementara, Anies-Sandi akan dilantik usai bulan Oktober mendatang. – Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!