Putusan Ahok dibacakan besok, Polri siagakan 14 ribu personel

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Putusan Ahok dibacakan besok, Polri siagakan 14 ribu personel
"Pengamanan bukan hanya di sekitar sidang."

 

JAKARTA, Indonesia — Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Rikwanto mengatakan pihaknya akan menerjunkan 14 ribu personel untuk mengawal sidang putusan perkara dugaan penodaan agama dengan terdakwa Gubernur DKI Jakarta Basuki “Ahok” Tjahaja Purnama yang akan digelar Selasa, 9 Mei 2017.

“Kami siapkan 12 ribu sampai 14 ribu personel. Pengamanan itu bukan hanya di posisi sekitar sidang, tapi juga di tempat-tempat lain. Seperti di persimpangan-persimpangan, keramaian-keramaian, pasar, dan lainnya di sekitar sini,” kata Rikwanto di Kementerian Pertanian, Jakarta Selatan, Senin 8 Mei 2017.

Penempatan personel, Rikwanto melanjutkan, diatur oleh Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Iwan Kurniawan dan Kepala Biro Operasional Polda Metro Jaya Kombes Ferdiyanto. Intinya, kata dia, akses masuk dan keluar sekitar area Kementerian Pertanian pasti akan dijaga ketat.

“Mereka nanti akan menentukan posisi personel ada di mana. Kemudian perbuatan personel sesuai tugas masing-masing. Jadi kami sudah setting semuanya,” kata dia.

Selain itu, Rikwanto melanjutkan, pihaknya juga akan memberikan pengawalan melekat kepada majelis hakim dan jaksa penuntut umum, sebelum hingga pulang ke kediaman masing-masing. Kendaraan taktis pun disiagakan untuk menjaga keselamatan mereka.

Rikwanto juga memperkirakan ada ribuan massa yang akan menggelar aksi demo. Di samping itu, kata dia, polisi tidak bisa menyimpulkan jumlah massa atas klaim masing-masing pihak. Namun pastinya, Polri, TNI, bersama pihak terkait akan mengawal sidang Ahok.

“Kami tidak under estimate. Berapa pun yang datang kami siap mengantisipasi, jangan sampai mengganggu jalannya sidang,” lanjut Rikwanto. —Rappler.com

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!