Imam Masjid di Rusia ternyata lulusan UIN Malang

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Imam Masjid di Rusia ternyata lulusan UIN Malang
Istri Imam Masjid juga berasal dari Lamongan Jawa Timur

JAKARTA, Indonesia — Kostroma, salah satu kota Federasi Rusia, akhirnya memiliki masjid. Dan ternyata imam masjid yang baru diresmikan pada Jumat pekan lalu ini adalah lulusan Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim yang berlokasi di Malang, Jawa Timur.

Nama imam masjid tersebut Fabriz Nurutdinov, warga negara Rusia. Fabriz adalah lulusan S2 jurusan Tarbiyah pada 2012 dari UIN Malang. Tak hanya itu, Fabriz juga beristri orang Lamongan, Jawa Timur.

Selain menjadi imam di masjid, Fabriz juga menjabat sebagai Direktur Organisasi Pengembangan Kebudayaan Islam Kostroma. Masjid anyar ini sendiri diresmikan langsung oleh Ketua Dewan Mufti Rusia Ravil Gainutdin.

Hadir dalam peresmian masjid tersebut antara lain Koordinator Fungsi Pensosbud KBRI Moskow, Darmawan Suparno mewakili Dubes RI untuk Federasi Rusia, M Wahid Supriyadi. Ketua Dewan Mufti Rusia secara khusus menyampaikan penghargaan dan terima kasih atas kehadiran Indonesia. 

Bangunan masjid Kostroma ini memiliki tiga lantai dengan kubah yang mewah. Masjid tersebut dapat menampung sekitar 1.000 orang. Selain untuk beribadah, masjid ini juga memiliki madrasah untuk dewasa dan anak.  

Masjid tersebut dibangun sejak tahun 2004, namun sempat terhenti. Pada 2012 dilanjutkan kembali pembangunannya setelah pertemuan  Ketua Dewan Mufti Rusia bertemu dengan Gubernur Kostroma.

Saat ini di Rusia terdapat sekitar 8.000 bangunan masjid untuk penduduk muslim yang jumlahnya antara 20-25 juta jiwa. Sebagian besar mereka berasal dari suku Tatar, yaitu masyarakat dari Asia Barat dan Tengah, keturunan Turki (Eurasia), Azerbaijan, Kazakhstan, Kyrgztan, dan Uzbekistan. 

Hubungan keagamaan Indonesia dan Rusia semakin hari semakin erat, yang terlihat dari kegiatan saling kunjung pejabat pemerintah dan tokoh agama kedua negara, antara lain: kunjungan Menteri Agama RI, Ketua PB NU, dan Ketua Umum Muhamadyah Prof Din Syamsudin. 

Pertengahan Mei ini, Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta akan berkunjung ke Moskow dan Kazan dalam upaya meningkatkan kerjasama pendidikan tinggi Islam Indonesia-Rusia. Rektor UIN juga diagendakan untuk berbicara di forum kajian internasional terkenal Russian Institute for Advanced Studies (RIAS). —dengan laporan ANTARA/Rappler.com

 

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!