Simpatisan Ahok kembali sambangi Mako Brimob

Yanwar Arifin

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Simpatisan Ahok kembali sambangi Mako Brimob
Kapolres Depok melarang aksi di hari libur nasional

JAKARTA, Indonesia (Update) —  Meskipun Polresta Depok telah melarang simpatisan Basuki “Ahok” Tjahaja Purnama menggelar aksi di Markas Komando Brimob Kelapa Dua, Depok, namun sejumlah simpatisan masih berdatangan ke Markas Brimob tersebut.

Pada Kamis siang ini, sekitar 300 simpatisan Ahok berdatangan ke Mako Brimob dengan membawa sejumlah poster berisi berbagai tuntutan, antara lain ‘Ahok Bukan Penista Agama’ dan ‘Tegakkan Keadilan’.

Seorang simpatisan bernama Basuki dari Cakung, Jakarta Timur, mengatakan dirinya rela jauh-jauh datang ke Mako Brimob karena merasa Ahok telah diperlakukan tidak adil.

Basuki dari Cakung datang ke Mako Brimob untuk menyampaikan simpatinya, Kamis (11/5). Foto oleh Yanwar Arifin/Rappler

“Saya harap Pak Ahok dibebaskan karena beliau adalah salah satu contoh seorang yang jujur. Jarang sekali ada pemimpin yang seperti beliau, saya merindukannya bahkan saya sendiri rela menggantikan Pak Ahok yang ada di dalam sana,” kata Basuki.

Selain menggelar spanduk dan poster, mereka juga melakukan orasi. Sampai saat ini, situasi di depan Mako Brimob masih kondusif. Rencananya, Plt Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat akan menjenguk Ahok di Mako Brimob. Namun belum diketahui jam berapa ia akan tiba. 

Seperti diketahui, Ahok saat ini tengah mendekam di salah satu sel di Mako Brimob setelah Majelis Hakim memvonisnya dengan hukuman 2 tahun penjara dalam perkara penodaan agama.  

Ahok, melalui pengacaranya, telah mengajukan banding. Sejumlah tokoh, termasuk Djarot, juga telah mengajukan penangguhan penahanan. Namun Ahok masih ditahan. Vonis dan penahanan Ahok inilah yang membuat simpatisan Ahok mendatangi Mako Brimob.

Pada pukul 14.40 WIB, masa yang pada pagi tadi menggeruduk Balai Kota tiba di Mako Brimob. Mereka bersorak, “Bebas..bebas..bebaskan Ahok sekarang juga.”

Di antara para simpatisan Ahok, terdapat wajah yang cukup familiar, yakni Roy Marten dan Sys Ns. Keduanya datang berbarengan pada pukul 14.30 WIB. Namun keduanya tetap tak diizinkan menemui Ahok. 

Sebelumnya Kapolres Depok telah melarang aksi di depan Mako Brimob digelar hari ini. Alasannya, karena hari ini adalah hari libur nasional—Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!