PH collegiate sports

Keberadaan tiga rumah ibadah di Bogor diprotes

Ursula Florene

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Keberadaan tiga rumah ibadah di Bogor diprotes
Penolakkan warga lantaran tiga rumah ibadah tidak memiliki IMB

Jakarta, Indonesia — Sengketa rumah ibadah di Bogor, Jawa Barat, kembali terjadi pada Ahad, 21 Mei 2017. Ratusan orang menolak keberadaan 3 gereja kristen dan katolik berkegiatan di lingkungan mereka.

Para pemrotes mengenakan pakaian berwarna putih dan membawa spanduk penolakan. “Iya benar ada aksi penolakan lagi,” kata Pendeta Abdi Saragih dari Gereja Methodist Indonesia saat dihubungi Rappler.

Sengketa ini merupakan kelanjutan setelah pada Maret lalu Pemkab Bogor menetapkan status quo atas 3 gereja yakni Gereja Methodist, HKBP Parungpanjang, dan sebuah Gereja Katolik. Ketiganya berlokasi di satu perumahan yang sama, dan diprotes lantaran tidak memiliki IMB.

Meski demikian, para jemaat tetap melaksanakan ibadah di lokasi tersebut karena merasa surat penetapan tidak memiliki landasan hukum kuat. Protes kali ini pun muncul karena kegiatan ibadah yang tetap berjalan itu.

Sebelumnya, sebuah surat bernada ancaman dikirimkan ke gereja. Tertulis bahwa “gereja akan dibalok jika terus menjalankan ibadah”. Kegiatan ibadah mereka pun semakin dibayang-bayangi ancaman dari warga sekitar. 

—Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!