SAKSIKAN: Jokowi menjajal jalan Trans Papua dengan motor trail

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

SAKSIKAN: Jokowi menjajal jalan Trans Papua dengan motor trail
Rencananya jalan Trans Papua di Provinsi Papua akan membentang sepanjang 3.259,45 kilometer.

JAKARTA, Indonesia – Sudah menjadi rahasia umum jika pembangunan fisik di Papua sulit dilakukan karena medan yang sulit. Tapi, bukan berarti itu tidak mungkin. Itu lah yang sepertinya tengah dibuktikan Presiden Joko “Jokowi” Widodo selama masa kepemimpinannya.

Mantan Gubernur DKI itu menginginkan adanya pembangunan yang merata di Papua. Maka dia menginstruksikan kepada TNI dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk membangun jalan Trans Papua.

Untuk bisa mewujudkan mimpi itu bukan hal yang mudah, karena personel TNI selaku pihak yang menjaga keamanan harus terjun membelah gunung, hutan dan sungai. Kerja keras itu sudah mulai terlihat.

Jokowi pun menjajal secara langsung dan merekam aksinya dalam sebuah video.

“Saya menyusuri tujuh kilometer dari 287 kilometer jalur Wamena sampai ke Kenyam dengan sepeda motor. Ini menjadi gambaran komitmen pemerintah terhadap pembangunan infrastruktur,” ujar Jokowi dalam video tersebut yang diunggah ke akun media sosialnya pada Rabu, 24 Mei.

Mantan Walikota Solo itu sengaja mengendarai sepeda motor trail untuk bisa merasakan sendiri betapa sulit medan yang harus dia lalui.

Berdasarkan data dari Direktorat Jenderal Bina Marga Kemen PUPR, jalan Trans Papua di Provinsi Papua akan membentang sepanjang 3.259,45 kilometer. Jalan tersebut akan membentang dari Kwatisore-Nabire-Wagete-Enarotali-Ilaga-Mulia-Wamena (Usilimo)-Wamena-Elelim-Jayapura-Wamena-Habema-Kenyam-Mumugu.

Lalu, dari Kenyam jalan itu akan terus menyambung ke Kenyam-Dekai-Oksibil-Waropko-Tanah Merah-Merauke-Wagete hingga ke Timika. Kemen PUPR mencatat dari 2.792,02 kilometer jalan yang telah dibuka baru 1.568,34 kilometer yang sudah dilapisi aspal, sementara 1.194 kilometer masih agregat dan 29,19 kilometer masih berupa jalur tanah. – Rappler.com

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!