Puasa dimulai esok, Menag berharap warga bisa kembali fitri

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Puasa dimulai esok, Menag berharap warga bisa kembali fitri

ANTARA FOTO

Posisi hilal terlihat di empat posisi yakni di Nusa Tenggara Timur, Jawa Timur, Sulawesi Utara dan Kepulauan Seribu.

JAKARTA, Indonesia – Usai menggelar sidang isbat, pemerintah akhirnya menetapkan 1 Ramadan jatuh pada Sabtu, 27 Mei. Keputusan itu diambil usai dilakukan penglihatan terhadap hilal di empat lokasi yakni di Nusa Tenggara Timur (NTT), Sulawesi Utara, Kepulauan Seribu, dan Jawa Timur.

“Berdasarkan laporan yang mereka sampaikan di bawah sumpah, mereka berhasil melihat hilal. Dengan dua hal tadi yakni perhitungan hisab dan rukyat, maka seluruh peserta sidang sepakat malam ini memasuki Ramadan, besok pagi kita akan mengawali puasa,” ujar Menteri Agama Lukman Saifuddin di kantornya di Jl. MH Thamrin, Jakarta pada Jumat, 26 Mei.

Metode yang digunakan pemerintah yakni dengan melihat hilal atau bulan menggunakan teleskop setelah matahari terbenam waktu magrib. Sementara, Lukman juga menerima paparan posisi hilal dari pemantau di 84 lokasi pemantauan hilal di 33 provinsi.

Dia berharap di bulan Ramadan, warga bisa memanfaatkan waktu tersebut sebaik-baiknya agar bisa kembali ke fitrah awalnya.

“Semoga, kita mampu menjaga kesucian bulan Ramadan. Semoga kita semua bisa kembali ke kefitrian kita di akhir bulan Ramadan nanti,” kata dia.

Selain Indonesia, warga di Saudi dan Uni Emirat Arab (UEA) juga memulai puasa pada Sabtu esok. – Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!