Kapolri prediksi tiga gerbang tol ini akan macet saat mudik

Fariz Fardianto

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Kapolri prediksi tiga gerbang tol ini akan macet saat mudik
Jumlah pemudik dengan kendaraan pribadi tahun ini diprediksi naik hingga 10 persen

JAKARTA, Indonesia — Kepala Polisi Republik Indonesia Jenderal Tito Karnavian memprediksi kemacetan akan terjadi di tiga gerbang tol di jalur Pantura saat arus mudik idul fitri 1438 mendatang.

Ketiga gerbang tol tersebut yakni Gerbang Tol Kaligangsa Brebes Timur, Gerbang Tol Pejagan Brebes, serta Gerbang Tol Grinsing, Kabupaten Batang.

“Tadi sudah paparan, kemudian kami lakukan pengecekan langsung di ruas tol. Mudah-mudahan kejadian tahun lalu tidak terulang,” kata Tito di Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang, Rabu 7 Juni.

Tito mengatakan, berdasarkan paparan dari Kapolda Jawa Tengah, kemacetan di Gerbang Tol Pejagan kemungkinan karena gerbang tol tersebut selama ini menjadi titik simpul keluar pemudik yang ingin beralih ke daerah selatan, seperti Banyumas, Cilacap dan wilayah sekitarnya. 

Sementara kemacetan di Gerbang Tol Grinsing diprediksi lantaran pengerjaan di tol tersebut belum sepenuhnya tuntas. Tapi, ia menjamin bahwa kepadatan pemudik tidak akan terlalu parah seperti Brexit tahun lalu. 

Tito juga memprediksi kemacetan akan terjadi di Gerbang Tol Cikopo. Namun pihaknya telah berkoordinasi dengan Dishub dan TNI untuk akan mengarahkan para pemudik menuju pintu tol terdekat jika kemacetan panjang terjadi di Gerbang Tol Cikopo.

Tito optimistis arus mudik 2017 bakal lancar lantaran didukung kesiapsiagaan personelnya di semua ruas jalan tol. “Saya sudah evaluasi semua kejadian tahun lalu. Kemacetan parah di pintu keluar Brebes harus diantisipasi biar peristiwa kemarin tidak terulang lagi,” ujarnya. 

Sementara Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Puji Hartanto memprediksi jumlah kendaraan pribadi selama arus mudik bakal melonjak 8-10 persen dibanding tahun lalu.

“Terutama pemudik roda dua pasti meningkat pesat,” tuturnya. Peningkatan kendaraan diperkirakan pula terjadi pada pemudik roda empat yakni sekitar 4-5 persen.  —Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!