Minggu esok Rizieq Shihab kembali ke Indonesia?

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Minggu esok Rizieq Shihab kembali ke Indonesia?

AFP

Polisi membenarkan isi surat, namun mereka mengaku belum tahu kapan Rizieq akan pulang ke Indonesia

JAKARTA, Indonesia – Pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab dikabarkan tiba di Indonesia pada Minggu, 11 Juni. Rumor itu beredar luas karena salinan surat dari Polda Metro Jaya kepada Polres Kota Bandara Soekarno-Hatta bocor ke media. Di dalamnya berisi permintaan kesiapan pengamanan antisipasi kepulangan Rizieq ke Jkarta.

Dalam surat itu, pihak Polres Kota Bandara Soekarno-Hatta diminta untuk bersiap pada Minggu, 11 Juni sejak pukul 13:00 hingga selesai. Surat perintah itu bernomor: Sprin/694/VI/2017 dan ditandatangani oleh Kapolres Kota Bandara Soekarno Hatta, Komisaris Besar Polisi Arif Rachman.

Lalu, apakah surat itu asli? Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Rikwanto membenarkan kepolisian sudah membuat surat itu.

“Yang beredar itu (adalah) draf di bagian administrasi,” kata Rikwanto di Djakarta Theater pada Sabtu, 10 Juni.

Tetapi, Rikwanto memastikan surat itu hanya antisipasi saja. Hingga saat ini kepolisian belum mengetahui tanggal pasti kepulangan Rizieq.

Polisi pun masih terus mencari informasi kedatangan Rizieq dari Arab Saudi.

“Itu juga belum ada kepastian. Belum ada sumber informasi yang menyatakan kapan HR akan kembali ke Indonesia. Belum ada info yang bisa dipegang,” katanya.

Dia juga menyebut polisi belum tentu akan langsung menangkap Rizieq seandainya dia tiba di Indonesia. Rikwanto mengatakan itu semua kembali ke situasi di lapangan. Padahal, sebelumnya kepolisian sudah mengeluarkan surat penangkapan seandainya Rizieq tiba kembali dari Arab Saudi.

Rikwanto mengatakan surat resminya belum dikeluarkan oleh kepolisian.

Sementara, kuasa hukum Rizieq, Sugito Atmo Pawiro ketika dikonfirmasi tidak memberikan kejelasan. Dia hanya menyebut Rizieq akan kembali jika kondisi di Tanah Air kondusif.

“Insya Allah (pulang). Kalau Allah berkehendak dan suasananya kondusif (dia akan pulang),” kata dia kepada Rappler melalui pesan pendek pada Sabtu malam, 10 Juni.

Rizieq sudah ditetapkan sebagai buronan dan masuk DPO dalam kasus percakapan bermuatan pornografi dengan Firza Husein. Namun, bagi para pengikutnya, kasus ini merupakan bentuk kriminalisasi yang dilakukan polisi terhadap ulama mereka. – dengan laporan Santi Dewi/Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!