Ini beberapa objek wisata di Bali yang akan dikunjungi Obama

Bram Setiawan

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Ini beberapa objek wisata di Bali yang akan dikunjungi Obama
Selama berada di Bali, Obama dan keluarga menginap di Four Seasons Ubud

DENPASAR, Indonesia – Mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama akhirnya tiba di Bandara Ngurah Rai Bali pada Jumat malam, 23 Juni. Keluarga tiba usai menumpang pesawat jet pribadi charter Gulfstream G-V N50JE dari Guam.

Begitu mendarat, Obama disambut oleh Gubernur Bali Made Mangku Pastika, Komandan Pangkalan TNI AU Ngurah Rai Kolonel I Wayan Superman, Panglima Kodam IX/Udayana Mayor Jenderal TNI Komaruddin, dan Kapolresta Denpasar Komisaris Besar Hadi Purnomo. Obama mengajak 13 orang untuk berlibur di Indonesia, termasuk dua putri dan istrinya Michelle.

Mereka mengisi 11 mobil yang berjalan beriringan keluar melalui gerbang Base Ops Pangkalan TNI AU Ngurah Rai. Obama mengisi mobil Toyota Land Cruiser warna hitam dan duduk di bangku belakang. Mereka meninggalkan Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai pukul 19.17 WITA menuju Four Seasons Resort Bali, di Ubud, Kabupaten Gianyar.

Lalu, ke mana saja Obama dan keluarga akan menghabiskan waktu berlibur mereka selama di Bali? Dari beberapa informasi yang dihimpun beberapa lokasi yang akan dikunjungi Obama yakni Candi Gunung Kawi, Istana Tampaksiring dan Pura Tirta Empul.

OBJEK WISATA. Candi Tebing Gunung Kawi yang berada di Banjar Gianyar, Ubud. Situs arkeologi itu merupakan tempat pemakaman di era Kerajaan Udayana. Lokasi ini diduga akan dikunjungi oleh Obama dan keluarga selama berada di Bali. Foto diambil dari Wikipedia

Ketua Associations of the Indonesian Tours and Travel Agencies (Asita) Bali I Ketut Ardana mengatakan tempat wisata itu sangat terkenal di Kabupaten Gianyar.

“(Lokasi objek wisata) itu memang mantap, sangat menarik sekali,” kata dia yang dihubungi melalui telepon pada Jumat kemarin.

Tidak ada penutupan bandara

Ketibaan Obama di Bandara Ngurah Rai ngaret dari jadwal semula yakni pukul 17:55 WITA. Mereka baru tiba sekitar pukul 19:17 WITA. Menurut Kepala Bidang Humas Bandara I Gusti Ngurah Rai Arie Ahsanurrohim hal itu disebabkan padatnya penerbangan di udara. Sehingga, bagi pesawat yang ingin mendarat harus antre.

“Tetapi, mereka tetap mendapat prioritas. Tidak ada penerbangan lain yang terdampak karena kedatangan pesawat yang membawa keluarga Obama,” kata Arie.

Komandan Pangkalan Udara TNI AU Ngurah Rai Kolonel I Wayan Superman mengatakan saat pesawat Obama mendarat tidak ada Notam (Notice to Airmen). Namun Wayan menegaskan kedatangan Obama tetap mendapatkan proritas mendarat lebih dulu.

OBJEK BERLIBUR. Istana Tampaksiring disebut termasuk salah satu objek wisata yang akan dikunjungi oleh Obama dan keluarga selama berlibur di Bali. Foto diambil dari situs Trip Advisor

“Kami sudah koordinasi tim advance (Obama), jadi tidak ada masalah. Kami sudah sepakat dengan mereka itu yang terbaik,” kata dia.

Untuk kenyamanan berlibur keluarga Obama selama di Bali, Komandan Korem 163/Wira Satya Kolonel Arh I Gede Widiyana menjelaskan pengamanan yang berlaku akan tetap melekat. Tetapi, dia tidak memastikan jumlah personel yang ditentukan untuk pengamanan.

“Itu tentatif, sesuai tugas,” ujar Widiyana.

Mereka akan tetap berupaya menjaga privasi Obama dan keluarga yang meminta secara khusus agar liburannya tidak terekspos publik. Obama juga mengatakan tidak akan mengganggu pariwisata di Bali selama mereka berlibur di sana. Obama akan berlibur di Bali hingga tanggal 28 Juni. Setelah itu mereka akan mengunjungi Yogyakarta dan Jakarta. – Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!