Ini rute destinasi Obama selama di Yogyakarta

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Ini rute destinasi Obama selama di Yogyakarta
Obama batal berkunjung ke Keraton Yogyakarta

JAKARTA, Indonesia (UPDATED) – Mantan Presiden Barack Obama dan keluarga telah meninggalkan Base Ops Landasan Udara Ngurah Rai pada Rabu, 28 Juni untuk melanjutkan liburan di Yogyakarta. Dia kembali menggunakan pesawat jet pribadi Gulfstream G-V N50JE dan akan mendarat di Bandara Adisutjipto sekitar pukul 11:30 WIB.

Begitu tiba, Obama dan keluarga akan menginap di Hotel Tentrem. Kota Gudeg bukan lah satu tempat yang asing bagi Obama.

Ketika dia masih kecil, Obama diketahui kerap datang dan menghabiskan waktu di rumah paman tirinya yang berada di Bulaksumur, Depok, Sleman setiap libur panjang. Rumah tersebut dulunya ditinggali oleh Prof Iman Sutiknjo, Dekan Fisipol UGM. Istri Iman adalah kakak dari Dr. Soetoro yang merupakan ayah tiri Obama.

“Dr. Soetoro memiliki istri warga Amerika, Ann Dunham yang tidak lain adalah Ibu Barack Obama. Ann Dunham ketika itu menjadi staf peneliti di Pusat Studi Kependudukan UGM,” kata Widodo, pendiri dan pengelola Museum UGM seperti dikutip media pada Selasa, 27 Juni.

Setiap musim liburan, Obama dan keluarga akan berangkat dari Jakarta dengan menumpang kereta api menuju Yogyakarta. Sementara, menurut Kepala Penerangan Komando Resor Militer 072/Pamgungkas Mayor Samsul Maarif, diprediksi akan ada lima destinasi wisata yang akan dikunjungi Obama dan keluarga hingga tanggal 30 Juni.

“Infonya total ada lima sasaran yang dikunjungi, termasuk satu lagi di Taman Tebing Breksi,” kata Samsul.

Beberapa lokasi yang akan dikunjungi antara lain Puncak Becici, Candi Prambanan dan Candi Borobudur. Sementara, terkait kunjungan ke Keraton Yogyakarta dibatalkan. Namun, tidak diketahui mengapa Obama batal berkunjung ke sana.

“Yang pasti, batal (berkunjung) ke Keraton Yogyakarta,” ujar Kabag Protokol Setda DIY Tejo Purnomo kepada media usai menghadiri rapat koordinasi di Makorem 072/Pamungkas, Yogyakarta.

Pihak keraton, kata Tejo, sudah dihubungi oleh staf dari kantor Obama.

 

Sudah disurvei

Salah satu tempat yang sudah pasti didatangi oleh Obama adalah Puncak Becici di Desa Muntuk, Dlingo, Bantul. Kepastian itu disampaikan oleh Ketua Operator Kawasan Puncak Becici, Sugandi yang menyebut pada Senin kemarin sudah ada 8 anggota tim survei dari luar negeri yang datang.

“Kebetulan saya pas tidak di sini. Yang memberi tahu teman-teman petugas. Dari sopir yang mengangkut delapan orang londo (warga asing). Katanya, survei kunjungan Obama,” tutur Sugandi yang ditemui di Puncak Becici seperti dikutip media.

Kendati sudah disurvei, tetapi, belum diketahui secara pasti apakah kunjungan tersebut akan terealisasi. Tetapi beberapa hari sebelumnya sudah ada instruksi mengenai kunjungan dari Obama yang diminta untuk mempersiapkan toilet hingga seragam. – Rappler.com

BACA JUGA:

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!