Semua hal tentang Puncak Becici

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Semua hal tentang Puncak Becici
Barack Obama dikabarkan akan berwisata ke Puncak Becici

JAKARTA, Indonesia — Mantan Presiden Amerika Barack Obama mendarat di Landasan Udara Adisutjipto, Yogyakarta, Rabu siang, sekitar pukul 12:40 WIB.

Rencananya Obama beserta rombongan akan mengunjungi Candi Prambanan dan Candi Borobudur. Kabar yang beredar juga menyebutkan Obama akan berkunjung ke Puncak Becici.

Saat ini sejumlah petugas keamanan bahkan telah menyisir Puncak Becici yang berlokasi di Bantul, meski pihak pengelola belum mendapatkan konfirmasi resmi kedatangan Obama.

Apa yang membuat Obama tertarik berwisata ke Puncak Becici? Berikut semua hal yang perlu kamu tahu tentang Puncak Becici:

Penghasil getah pinus

Puncak Becici berada di kawasan hutan lindung di bawah pengawasan Resor Pemangku Hutan (RPH) Mangunan. Dulunya, hutan pinus ini lebih dikenal seabgai penghasil getah pohon pinus.

Namun fungsi hutan pinus ini perlahan berubah menjadi objek wisata seiring dengan banyaknya pengunjung yang mengabadikan keasrian hutan pinus di sana.

Pengelola hutan pun kemudian membenahi hutan pinus yang membuat wisatawan semain nyaman. Oya, nama asli hutan pinus ini adalah Hutan Sudimoro 1 atau Becici Asri. 

Menikmati senja di atas pohon

Deretan pohon pinus yang berjejer memberikan kesejukan tersendiri bagi wisatawan. Selain itu, batang-batang pinus yang berderet-deret juga menjadi objek foto yang menarik. Di sini, udara terasa segar. 

Wisatawan yang bertahan hingga sore hari juga bisa menikmati senja yang indah dari Puncak Becici. Mereka bisa menanti momen matahari terbenam sambil ‘jegangan’ di atas pohon.

Dan jangan lupa mengabadikan momen tersebut, karena hasilnya pasti akan membuat iri orang yang melihat foto tersebut. Selain sunset, wisatawan juga bisa menikmati Kota Yogyakarta dari Puncak Becici.

Murah meriah

Untuk masuk ke Puncak Becici, wisatawan tak perlu membeli tiket, karena memang tidak ada yang menjualnya. Sebab masuk ke tempat wisata ini tidak dipungut biaya.

Wisatawan hanya perlu membayar parkir sebesar Rp 3 ribu untuk sepeda motor dan Rp 10 ribu untuk kendaraan roda empat. Murah, bukan?

Rute menuju Becici

Secara administratif, Puncak Becici berada di Desa Gunung Muntuk, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. 

Dari pusat Kota Jogja, wisatawan bisa mengambil arah ke Terminal Giwangan lalu dilanjutkan ke arah pemakaman Raja-Raja di Imogiri hingga melewati Hutan Pinus Mangunan.

Rute lainnya adalah melalui Jalan Wonosari lalu belok kanan di perempatan Pathuk, Gunungkidul. Setelah itu wisatawan bisa mengikuti papan petunjuk menuju ke Dlingo hingga dilanjutkan sampai ke Hutan Pinus Sudimoro 1.

—Rappler.com

 

 

 

 

 

  

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!