SAKSIKAN: Jokowi pamer kedekatan dengan Erdogan di video blog

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

SAKSIKAN: Jokowi pamer kedekatan dengan Erdogan di video blog
“Kita berdua ini sangat dekat sekali dan memiliki hubungan yang personal," kata Jokowi.

JAKARTA, Indonesia – Di sela kunjungan kerjanya ke Turki pada 5-6 Juli kemarin, Presiden Joko “Jokowi” Widodo rupanya sempat mengajak Presiden Recep Tayyip Erdogan untuk melakukan video blog. Dalam video itu, kedekatan kedua pemimpin tergambar secara jelas. Bahkan, Erdogan menyebut Jokowi sebagai saudaranya.

“Kami orang Turki sangat mencintai warga Indonesia dan saya percaya bahwa solidaritas antara Turki dan Indonesia ke depannya dapat menjadi contoh di dunia,” ujar Erdogan dalam video yang berdurasi 3 menit dan 20 detik itu.

Mantan Gubernur DKI itu juga menyadari bahwa sosok Erdogan sangat populer di Tanah Air. Oleh sebab itu, Jokowi mencoba untuk selalu berkomunikasi dengan Erdogan di setiap konferensi internasional.

Komunikasi melalui telepon pun terjalin intens, khususnya ketika terjadi isu global. Salah satu isu yang baru-baru ini dibahas yakni mengenai upaya isolasi negara-negara Timur Tengah terhadap Qatar.

“Kita berdua ini sangat dekat sekali dan memiliki hubungan yang personal. Oleh sebab itu, setiap konferensi internasional kami selalu berdiskusi,” kata Jokowi.

Kedekatan hubungan kedua pemimpin terlihat jelas ketika Erdogan turut menggamit tangan Jokowi ketika tengah diajak berkeliling ke Istana Kepresidenan Turki.

Dengan kedekatan kedua pemimpin, Jokowi mencoba membuat kunjungan balasannya ke Turki lebih bermakna. Dalam kunjungan tersebut, Indonesia sepakat untuk menjalin kerja sama di lima bidang, mulai dari industri pertahanan hingga ke urusan penanggulangan isu terorisme. – Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!