Anggaran naik dua kali lipat, Polri klaim layanan lebih baik

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Anggaran naik dua kali lipat, Polri klaim layanan lebih baik
Pada 2014 anggaran Polri sebesar Rp 44 triliun, tahun ini menjadi Rp 84 triliun

JAKARTA, Indonesia — Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengatakan setiap tahun anggaran yang diberikan Presiden Joko “Jokowi” Widodo kepada institusinya terus bertambah. Dia mengatakan, penambahan anggaran ini menunjukkan adanya hasil yaitu perbaikan dalam pelayanan dan reformasi birokrasi.

“Di bidang anggaran, semenjak 2014, anggaran Polri sebesar Rp 44 triliun. Namun, dalam kurun waktu tiga tahun, pada 2017 ini, menjadi Rp 84 triliun. Artinya dalam waktu tiga tahun naik dua kali lipat,” kata Tito dalam sambutannya pada acara Hari Bhayangkara Ke-71 di Monas, Jakarta Pusat, Senin 10 Juli 2017.

Dengan ruang fiskal yang lebih luas itu, lanjut Tito, Polri melakukan modernisasi peralatan, sistem serta sarana, dan prasarana bahkan infrastruktur. Di antaranya pembangunan gedung Polda Metro Jaya yang sudah dimulai sejak 2004 mengalami kemacetan pembangunan dalam waktu 13 tahun.

“Namun di bawah kepemimpinan bapak (Jokowi) insyaallah Gedung PMJ (Polda Metro Jaya) akan selesai pembangunannya pada akhir 2017. Dan akan menjadi salah satu gedung kebanggaan Polri 27 lantai yang ada di sebelah Semanggi,” kata dia.

Demikian pula dengan gedung Bareskrim yang sudah berusia 40 tahun. Kini bangunan tersebut sudah dibangun kembali dengan konstruksi 17 tingkat. “Insyaallah akan selesai tahun depan,” kata dia.

Bukan hanya itu, terang Tito, gedung Polda Sumatera Barat juga dibangun kembali setelah diterjang gempa. Setelah lima tahun tak memiliki kantor, akhirnya gedung Polda Sumatera Barat dibangun dan menjadi salah satu gedung terbaik di Kota Padang.

“Kemudian di bidang remunerasi, kami berterima kasih kepada bapak (Jokowi) karena pada 2015 remunerasi anggota Polri hanya 33 persen, sementara sudah banyak instansi lain yang mencapai 100 persen. Alhamdulillah tahun 2016 lalu, bapak sudah menaikkan tunjangan kinerja anggota menjadi 53,4 persen,” tandas dia. 

—Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!