Ajak keluarga ke Turki dan Jerman, berapa biaya yang dikeluarkan Presiden Jokowi?

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Ajak keluarga ke Turki dan Jerman, berapa biaya yang dikeluarkan Presiden Jokowi?
Dengan aplikasi Traveloka dan Skyscanner, biaya lawatan Presiden Jokowi dan keluarga bisa dikira-kira

JAKARTA, Indonesia — Ada yang tak biasa saat Presiden Joko “Jokowi” Widodo bertolak ke Ankara, Turki, Rabu 5 Juli 2017. Sebab, dalam rombongan Presiden tersebut ikut serta lima anggota keluarganya.

Mereka yakni Gibran Rakabuming, Kahiyang Ayu, dan Kaesang Pangarep. Ketiganya adalah anak Presiden Jokowi. Dua lainnya yakni Selvi Ananda (menantu) dan Jan Ethes Sri Narendra (cucu) yang baru berusia satu tahun empat bulan.

Tak mengejutkan jika rombongan tak biasa ini kemudian mendapat sorotan publik. Banyak yang menganggap lawatan presiden kali ini membebani anggaran negara. Ada juga yang berkomentar lawatan ini tidak mencerminkan kesederhanan Presiden.

Komentar, antara lain, datang dari politisi Partai Demokrat Rachlan Nashidik. “Kenapa Lebaran bawa keluarga ke Ragunan, Jokowi menjawab: tiketnya murah. Kalau bawa keluarga pelesir dengan biaya negara? Tiketnya gratis.” 

Sementara Deputi Sekjen Forum Indonesia Untuk Transparansi Anggaran (FITRA) Apung Widadi menilai kunjungan Jokowi beserta keluarganya merupakan pemborosan anggaran negara. “Ini bertolak belakang dengan citra Jokowi yang sederhana,” kata Apung

Sorotan juga datang dari Wakil Ketua DPR Fadli Zon. Menurut Fadli, baru kali ini ada presiden yang melawat ke luar negeri membawa cucu. “Setahu saya di zaman Pak Harto tidak ada sampai ke cucu, mungkin pernah kalau anak. Kalau bawa cucu setahu saya tak pernah,” kata Fadli

Namun Kepala Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden (Setpres) Bey Machmudin membantah jika kunjungan Presiden Jokowi beserta keluarga ke Turki dan Jerman ini disebut membebani anggaran negara. 

Sebab, kata Bey Machmudin, “Seluruh biaya perjalanan dan akomodasi anggota keluarga Presiden yang turut serta dalam perjalanan ke Turki dan Jerman menjadi tanggungan pribadi Presiden.” 

(Baca: Jokowi ajak keluarga ke Turki dan Jerman, Istana bantah bebani anggaran)

“Seluruh biaya perjalanan dan akomodasi anggota keluarga Presiden yang turut serta dalam perjalanan ke Turki dan Jerman menjadi tanggungan pribadi Presiden.”

Sayangnya, Bey Machmudin tak merinci berapa biaya yang dikeluarkan Presiden Jokowi untuk menanggung biaya akomodasi keluarganya selama lawatan ke Turki dan Jerman.

Namun tak begitu sulit menaksir biaya yang dikeluarkan Presiden Jokowi untuk menanggung keluarganya selama lawatan tersebut seandainya ia menggunakan pesawat komersil. Yuk, kita hitung!

Biaya di Turki

Presiden bertolak ke Turki melalui Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Rabu 5 Juli 2017. Mari asumsikan Presiden Jokowi dan keluarganya menggunakan pesawat komersil.

Banyak maskapai penerbangan yang bisa dipilih untuk terbang ke Turki, mulai dari Turkish Airlines, Qatar Airways, Saudia, hingga Emirates. Tiket termurah menurut situs Traveloka adalah Saudi Arabian Airlines dengan harga per orang Rp 9.954.500 untuk kelas ekonomi. 

Jika memakai maskapai penerbangan ini, maka Presiden Jokowi harus merogoh kocek tak kurang dari Rp 39.818.000 untuk empat keluarganya. Jumlah ini belum termasuk cucunya yang masih bayi. 

Selama di Turki, Presiden Jokowi dan keluarga menginap di Hotel JW Marriott. Di hotel bintang lima ini, Presiden berserta keluarga menginap semalam. Situs Traveloka menyebutkan harga tiket per malam untuk kamar termurah di Hotel Marriott sebesar Rp 5.392.925.

Jika diasumsikan Presiden Jokowi menyewa tiga kamar untuk keluarganya, satu kamar untuk Gibran, Selvi Ananda, Ethes dan dua kamar lainnya untuk Kaesang Pangarep dan Kahiyang Ayu, maka dana yang dikeluarkan Presiden Jokowi untuk menginap di JW Marriott tidak akan kurang dari Rp 16.178.775.

Sehingga total dana yang kemungkinan dikeluarkan Presiden Jokowi dari kocek pribadi untuk menanggung keluarganya di Turki sekitar Rp 55.996.775. Dana ini hasil penjumlahan dari biaya tiket pesawat Rp 39.818.000 dan biaya sewa kamar hotel Rp 16.178.775.

Biaya di Jerman

Dari Turki, Presiden Jokowi beserta rombongan bertolak ke Hamburg, Jerman, pada Kamis 6 Juli 2017. Mereka tiba di Bandar Udara Internasional Helmut-Schmidt Hamburg pada Kamis malam waktu setempat.

Tak banyak pilihan penerbangan komersil dari Bandara Esenboga di Ankara ke Bandara Internasional Helmut-Schmidt Hamburg. Dalam situs Skyscanner, hanya ada dua maskapai yang melayani rute ini, yakni Turkish Airlines dan Pegasus Airlines.

Harga tiket pesawat, tentu saja, fluktuatif. Namun menurut Skyscanner, harga tiket dari Bandara Esenboga ke Hamburg rata-rata tak kurang dari 334 poundsterling atau setara dengan Rp 5.750.000 per orang.

Sehingga biaya yang dikeluarkan Presiden Jokowi untuk menerbangkan empat keluarganya dari Turki ke Hamburg kemungkinan tidak akan kurang dari Rp 23 juta. Angka ini belum termasuk tiket Si Kecil Ethes.

Selama di Hamburg, Presiden beserta keluarga tinggal di Hotel  Steigenberger hingga Sabtu, 8 Juli 2017. Tarif kamar termurah per malam di hotel bintang lima ini menurut situs Skyscanner sebesar 179 poundstering atau setara dengan Rp 3 juta. 

Dengan asumsi ia menyewa tiga kamar, maka biaya per malam yang dikeluarkan Presiden sebesar Rp 9 juta. Sehingga total biaya menginap yang harus dibayar sekitar Rp 27 juta (Rp 9 juta x 3 hari). 

Sehingga, secara total, biaya yang ditanggung Presiden untuk keluarganya selama di Hamburg tidak akan kurang dari Rp 50 juta, hasil dari Rp 23 juta (tiket pesawat) ditambah Rp 27 juta (sewa kamar hotel).

Tiket Hamburg-Jakarta    

Presiden Jokowi dan keluarga meninggalkan Hamburg menuju Jakarta pada Sabtu malam sekitar pukul 19:00 waktu setempat. Jika menggunakan pesawat komersil, ada beberapa pilihan penerbangan dari Hamburg menuju Jakarta, di antaranya Emirates, British Airways, dan Cathay. 

Harga tiket Hamburg-Jakarta, menurut situs Skyscanner, rata-rata Rp 10 juta. Dengan asumsi harga tersebut, maka ongkos pulang yang harus ditanggung Presiden Jokowi untuk keempat keluarga (plus satu cucu) tidak akan kurang dari Rp 40 juta. 

Total pengeluaran Presiden

Secara total, ongkos yang ditanggung Presiden Jokowi untuk keluarganya selama lawatan ke Turki dan Jerman sekitar Rp 145.996.775.

Angka tersebut merupakan penjumlahan dari Rp 55.996.775 (total biaya di Turki) + Rp 50 juta (total biaya di Hamburg) + Rp 40 juta (tiket Hamburg-Jakarta).

Tentu saja, total besaran dana di atas hanya perkiraan semata, karena harga tiket pesawat dan hotel bersifat fluktuatif dan hitung-hitungan ini mengambil tarif tiket pesawat dan sewa hotel termurah. 

Hitung-hitungan ini, sekali lagi, hanya untuk mengira-ngira berapa dana yang dikeluarkan Presiden untuk memboyong keluarganya ke Turki dan Jerman. —Rappler.com 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!