US basketball

Satu ton sabu disita polisi di Anyer

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Satu ton sabu disita polisi di Anyer
Satu orang tewas dalam penangkapan

JAKARTA, Indonesia (UPDATED) — Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan Tim Gabungan Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya dan Polres Kota Depok berhasil mengungkap pengiriman narkoba jenis sabu seberat 1 ton.

“Kami berkoordinasi dengan polisi Taiwan bahwa ada pengiriman sabu ke Indonesia. Makanya kami melakukan penyelidikan dan menangkap,” kata Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono saat dikonfirmasi, Kamis 13 Juli 2017.

Argo mengatakan operasi penangkapan dilakukan di kawasan Anyer, Serang, Banten, Rabu malam. Barang bukti yang ditemukan yakni narkoba jenis sabu sekitar 1 ton banyaknya. Petugas juga berhasil menangkap tiga dari empat pelaku yang semuanya warga negara asing.

Mereka yakni Lin Ming Hui, Chen Wei Cyuan, dan Liao Guan Yu. Lin Ming Hui yang diyakini berperan sebagai bos atau pegendali, tewas dalam penangkapan. Ia ditindak tegas karena mencoba melawan petugas saat hendak ditangkap dengan cara menabrakkan mobilnya ke arah petugas.

Selain ketiga terangka tersebut, polisi juga masih memburu satu tersangka lainnya, yakni, dan Hsu Yung Li yang berhasil kabur saat penggerebekan.

Hasil pengintaian dua bulan

Kapolda Metro Jaya Irjen M Iriawan yang meninjau langsung lokasi penggerebekan di Anyer mengatakan keberhasilan petugas mengungkap penyelundupan sabu sebesar 1 ton ini hasil kerja keras penyidik selama dua bulan terakhir.

“Jadi anggota saya sudah ada di sini 2 bulan yang lalu bekerja sama dengan polisi Taiwan,” kata Kapolda Metro Jaya Irjen M Iriawan kepada wartawan di Anyer, Serang, Kamis 13 Juli 2017.

Iriawan mengatakan pemantauan terhadap keempat pelaku  dilakukan dengan menggunakan peralatan berteknologi canggih seperti night vision. “Mengintai mereka dari tengah laut,” kata Iriawan.

Iriawan mengatakan sabu yang beratnya mencapai 1 ton itu bernilai tak kurang dari Rp 1 triliun. Ini menjadi pengungkapan kasus narkoba terbesar yang pernah terjadi di Indonesia.

Sabu sebanyak itu, Iriawan melanjutkan, diselundupkan dari Tiongkok untuk diedarkan ke Jakarta. “Kita akan dalami nanti, yang jelas pasti dari sini (Anyer) kemungkinan akan ke Jakarta,” katanya. —Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!