Ketika Lagu ‘Lisoi’ dinyanyikan puluhan warga Jepang

Uni Lubis

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Ketika Lagu ‘Lisoi’ dinyanyikan puluhan warga Jepang
KBRI Tokyo memfasilitasi latihan warga Jepang pencinta lagu Indonesia. Ini bagian dari diplomasi budaya

TOKYO, Jepang – Puluhan warga Jepang, mayoritas laki-laki, berkumpul di sebuah ruangan di Kedutaan Besar Republik Indonesia di Tokyo. Masing-masing memegang buku panduan dengan partitur musik dan lirik  lagu-lagu Indonesia.  

Lagu dari Tanah Batak Lisoi mengalun diiringi organ tunggal. Dengan semangat mereka mengikuti panduan dirigen.  Mereka juga menyanyikan lagu O I Nani Keke dari Sulawesi Utara, Rayuan Pulau Kelapa, Nina Bobo, hingga lagu Yamko Rambe Yamko dari Papua.

Kelompok yang menamakan dirinya Lagu-Lagu Kai ini sudah lama ada di Tokyo. Setiap bulan mereka  berkumpul selama dua jam untuk bersama menyanyikan lagu-lagu Indonesia.

KBRI Tokyo juga memanfaatkan  forum latihan menyanyi bersama ini untuk mempromosikan kopi Indonesia.  Mereka juga disuguhi makanan dan cemilan khas.

“Begitu Pak Dubes Arifin Tasrif mendengar bahwa mereka latihan di restoran, langsung beliau tawarkan agar latihan di KBRI Tokyo saja,” kata Eko Junor, atase penerangan, sosial dan budaya di KBRI Tokyo, 18 Juli 2017.

Arifin Tasrif menyerahkan surat kepercayaan kepada Kaisar Akihito pada 22 Juni 2017. Mantan eksekutif puncak sejumlah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini memulai tugas di Jepang sejak 20 April 2017. “Penting memperkenalkan Indonesia melalui lagu-lagu daerah seperti ini,” ujar Arifin Tasrif melalui pesan singkat kepada Rappler, pekan lalu. 

KBRI Tokyo juga memanfaatkan  forum latihan menyanyi bersama ini untuk mempromosikan kopi Indonesia.  Mereka juga disuguhi makanan dan cemilan khas. “Kebanyakan mantan eksekutif perusahaan,” kata Arifin.  Usia anggota kelompok mulai dari 30 tahunan sampai usia lanjut.

Eko Junor menambahkan, kelompok KAI dalam dunia diplomasi disebut sebagai “friends of Indonesia”.  “Perlu dirangkul,” ujarnya.  Simak video latihan menyanyi warga Jepang ini. – Rappler.com 

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!