Miss World Philippines

Polri pastikan Densus Anti-Korupsi bukan sekedar wacana

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Polri pastikan Densus Anti-Korupsi bukan sekedar wacana
Pembentukan Densus Anti-Korupsi bukan untuk menandingi KPK

   

JAKARTA, Indonesia — Mabes Polri berencana membentuk Detasemen Khusus Anti-Korupsi untuk memberantas tindak pidana korupsi di Indonesia. Polri menegaskan bahwa detasemen tersebut bukan sekadar wacana.

“Sudah direncanakan, ya,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto di kantornya, Selasa 18 Juli 2017. Saat ini proses pembentukan detasemen ini masih tahap persiapan administrasi.

Setyo juga mengatkan jika saat ini sejumlah ahli tengah mengkaji fungsi, tugas, dan pokok, termasuk juga tentang struktur dan nomenkelaturnya. “Kami sedang mengkaji dulu. Strukturnya seperti apa, tugas pokoknya seperti apa, sedang dikaji,” jelasnya.

Setyo mengatakan detasemen ini bukan dibentuk untuk menandingi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Sebab detasemen ini nantinya akan berada di bawah supervisi KPK.

“Intinya Polri mendukung KPK. Nanti KPK sebagai supervisi, untuk saling menguatkan,” kata Setyo.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengatakan pihaknya sedang mempersiapkan Detasemen Khusus Antikorupsi untuk menangani tindak pidana korupsi.

Wacana pembentukan Densus Antikorupsi diusulkan dua anggota Komisi III DPR Bambang Soesatyo dari Partai Golkar dan Ahmad Yani dari Partai Persatuan Pembangunan. 

Mereka menilai pembentukan detasemen khusus tersebut akan membantu mengangkat citra Polri yang selama ini dianggap sebagai salah satu institusi terkorup. —Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!