FOTO: Cantiknya Jembatan Simpang Susun Semanggi di malam hari

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

FOTO: Cantiknya Jembatan Simpang Susun Semanggi di malam hari

ANTARA FOTO

Jembatan Simpang Susun Semanggi akan diresmikan oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo pada 17 Agustus

JAKARTA, Indonesia – Pemerintah DKI Jakarta akhirnya membuka lebih awal Jembatan Simpang Susun Semanggi untuk pengguna jalan pada Jumat malam, 28 Juli. Gubernur DKI Jakarta, Djarot Syaiful Hidayat, mengatakan alasan operasi jembatan simpang susun ini dilakukan lebih awal agar Pemprov dapat mengetahui perilaku dari para pengendara.

Selain itu, untuk memastikan bahwa proyek tersebut memang sudah aman dan memiliki fasilitas yang lebih lengkap.

Djarot mengakui saat soft opening yang dilakukan pada Jumat malam ada beberapa fasilitas pendukung yang belum lengkap. Ia mengatakan akan tetap dilakukan perbaikan dan penyempurnaan di berbagai fasilitasnya.

“Baik itu markanya, rambu-rambu lalu lintasnya, trotoarnya, sudah mulai kami cek, dan taman-tamannya,” kata Djarot.

Simpang Susun Semanggi dibuka untuk umum setelah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menerbitkan sertifikat laik fungsi (SLF). Proyek itu dimulai saat Basuki “Ahok” Tjahaja Purnama masih menjabat sebagai Gubernur DKI pada 8 April 2016.

Proyek yang nilainya mencapai Rp 345,067 miliar itu akan mengurai kemacetan di titik yang mempertemukan Jalan Sudirman, Thamrin dan Gatot Subroto. Jembatan itu memiliki dua ruas, diperuntukan bagi kendaraan dari arah Cawang menuju ke Bundaran Hotel Indonesia dan satu ruas lainnya untuk kendaraaan yang datang dari arah Slipi menuju ke Blok M.

Saat soft opening, Djarot ikut memuji rekannya Ahok. Menurutnya, proyek tersebut tidak mungkin terealisasi jika tidak ada keberanian dari mantan Bupati Belitung Timur itu.

“Dia menantang Wika, apakah mampu membangun Simpang Susun Semangi dalam kurun waktu 1,5 tahun harus jadi,” kata dia.

Rupannya pengerjaannya pun lebih cepat dari waktu yang telah ditentukan. Rencananya, Presiden Joko “Jokowi” Widodo akan meresmikan jembatan itu pada 17 Agustus.

Berikut beberapa foto yang berhasil diabadikan ketika jembatan itu resmi dapat digunakan oleh pengguna kendaraan. Jembatan Simpang Susun Semanggi terlihat cantik dengan kelap kelip lampu:

SEMANGGI. Sejumlah kendaraan melintasi Jembatan Simpang Susun Semanggi di kawasan Semanggi, Jakarta, Jumat, 28 Juli. Foto oleh Rivan Awal Lingga/ANTARA

INDAH. Pemandangan yang diabadikan dari atas Jembatan Simpang Susun Semanggi ketika dilakukan soft launching pada Jumat malam, 28 Juli. Foto diambil dari akun Twitter @adhi_skywalker

Foto diambil dari akun Twitter @adhi_skywalker

Foto diambil dari akun Twitter @adhi_skywalker

Foto diambil dari akun Twitter @adhi_skywalker

– Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!