Indonesia

Ratusan pekerja Tiongkok akan bekerja di Manokwari

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Ratusan pekerja Tiongkok akan bekerja di Manokwari
Pembangunan pabrik baru di Manokwari akan melibatkan ratusan pekerja asal Tiongkok

JAKARTA, Indonesia — Kepala Seksi Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian Kantor Imigrasi Manokwari, Abdullah, memperkirakan ratusan tenaga kerja asal Tiongkok akan tiba di Manowari pada Agustus 2017.

Ratusan pekerja tersebut kemungkinan akan bekerja di PT SDIC Papua Cement Indonesia yang akan membangun pabrik baru di Maruni, Manokwari. 

“Kabarnya Agustus pembangunan akan dimulai dan kontraktor pemborong pembangunan itu akan mendatangkan tenaga kerja dari Tiongkok dalam jumlah besar,” kata Abdullah.

Untuk itu, Abdullah mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan langkah pengawasan untuk memastikan tidak ada pelanggaran keimigrasian.

Menurutnya, pengawasan akan dilakukan mulai dari bandar udara dan pelabuhan daerah setempat hingga lokasi kerja dan tempat menginap.

“Sejak dulu kami sudah tempatkan petugas baik di bandara maupun pelabuhan. Kita juga sudah membentuk tim pengawas orang asing yang akan melakukan razia secara berkala,” ujarnya menjelaskan.

Operasi gabungan, lanjutnya, akan dilakukan jika hal itu diperlukan dalam pengawasan dan penindakan tenaga kerja asing di perusahaan tersebut.

Dia menambahkan kegiatan pengawasan orang asing terus dilakukan secara rutin di lima kabupaten yang menjadi wilayah kerja Kantor Imigrasi Manokwari. 

Selain pabrik semen, pengawasan dilakukan di lokasi kilang minyak dan gas bumi BP Tangguh di wilayah Kabupaten Teluk Bintuni.

Pihaknya pun terus mengawasi arus wisatawan asing di sejumlah tempat wisata seperti Taman Kupu-Kupu di Pegunungan Arfak dan Taman Nasional Teluk Cenderawasih yang meliputi Kabupaten Teluk Wondama dan Manokwari Selatan. —dengan laporan ANTARA/Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!