Filipino boxers

Jokowi: “Jangan sampai hutan tidak memberikan apa-apa kepada rakyat”

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Jokowi: “Jangan sampai hutan tidak memberikan apa-apa kepada rakyat”
“Saya harus ngomong apa adanya karena di lingkungan hutan-hutan jati justru yang banyak kemiskinan.”

JAKARTA, Indonesia — Presiden Joko “Jokowi” Widodo menyentil pengelola hutan yang selama ini mengabaikan kesejahteraan masyarakat yang hidup di sekitar hutan. ‘Setilan’ tersebut disampaikan Presiden Jokowi saat menghadiri perayaan puncak Hari Lingkungan Hidup 2017.

“Jangan sampai hutan tidak memberikan apa-apa kepada rakyat. Kenapa Swedia dan Finlandia hutannya bisa memakmurkan rakyatnya? Kenapa kita tidak? Coba kita blak-blakan,” kata Presiden Jokowi di kompleks Manggala Wanabakti Jakarta, Rabu, 2 Agustus 2017.

Presiden mencontohkan hutan-hutan jati yang selama ini tidak memberikan manfaat apa-apa kepada masyarakat di sekitar hutan tersebut. “Saya harus ngomong apa adanya karena di lingkungan hutan-hutan jati justru yang banyak kemiskinan,” kata Jokowi.

Seharusnya, Presiden melanjutkan, hutan jati bisa memakmurkan masyarakat di sekitar hutan tersebut, bukan malah sebaliknya. “Saudara-saudara tahu apa yang harus dilakukan,” kata Presiden.

Dalam kesempatan tersebut Presiden Jokowi juga menyentil izin pengelolaan hutan yang menurutnya sangat gampang dikeluarkan. “Jangan asal orang datang diberi (izin), orang datang diberi (izin), sudah itu stop, saya ingatkan itu stop,” kata Presiden Jokowi.

Presiden juga menyoroti taman nasional. Seharusnya, kata Presiden, taman nasional itu dilindungi dengan sebaik-baiknya. “Jangan hanya namanya taman nasional tapi digerogoti sedikit-sedikit, tahu-tahu sudah ratusan, ribuan hektar kita biarkan.”

Selain Presiden Jokowi, peringatan Hari Lingkungan Hidup 2017 ini juga antara lain dihadiri Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar dan Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution. —Rappler.com

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!