FOTO: Dahsyatnya letusan Gunung Sinabung

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

FOTO: Dahsyatnya letusan Gunung Sinabung
“Awan panas dengan suhu 600 derajat celsius meluncur 4,5km ke tenggara-timur."

 

JAKARTA, Indonesia — Gunung Sinabung yang berdiri di dataran tinggi Karo, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, meletus pada Rabu siang, 2 Agustus 2017.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, menyebutkan muntahan abu vulkanik dari letusan tersebut mencapai 4.200 meter.

“Sinabung meletus lontarkan abu hingga 4,2km disertai luncuran awan panas 4,5km ke tenggara-timur,” tulis Sutopo dalam akun twitter resminya, Rabu 2 Agustus 2017.

Saat ini warga di sekitar Gunung Sinabung telah dievakuasi dan belum diperbolehkan pulang. Sebab, luncuran awan panas masih mengancam.

“Awan panas dengan suhu 600 derajat celsius meluncur 4,5km ke tenggara-timur. Kawasan rawan bencana erupsi G.Sinabung terus meluas,” tulis Sutopo lagi.

Berikut foto-foto dari meletusnya Gunung Sinabung yang kami ambil dari akun @Sutopo_BNPB:

Warga melihat Gunung Sinabung menyemburkan material vulkanik saat erupsi, di Karo, Sumatera Utara, Rabu (2/8). FOTO oleh ANTARA

Warga melihat Gunung Sinabung menyemburkan material vulkanik saat erupsi, di Karo, Sumatera Utara, Rabu (2/8). Foto oleh Maz Yons/ANTARA

Foto oleh @Sutopo_BNPB

Foto oleh @Sutopo_BNPB

Foto oleh @Sutopo_BNPB

Foto oleh @Sutopo_BNPB

—Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!