Larang orang Islam jadi dokter hewan, Mamah Dedeh disorot

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Larang orang Islam jadi dokter hewan, Mamah Dedeh disorot
"Saya menganjurkan, kalau saya sebagai seorang muslim, jangan jadi dokter hewan.”

JAKARTA, Indonesia — Penceramah Mamah Dedeh kembali mendapat sorotan. Sebab, ustazah bernama lengkap Dedeh Rosidah ini membuat pernyataan kontroversial tentang dokter hewan.

Pada program “Mamah dan AA” yang tayang di salah satu stasiun teve swasta pada 31 Juli lalu, Mamah Dede menganjurkan umat Islam untuk tidak jadi dokter hewan.

“Kalau saya menganjurkan, kalau kita sebagai seorang muslim, jangan jadi dokter hewan,” kata Mamah Dedeh.

Pernyataan Mamah Dedeh tersebut adalah jawaban atas pertanyaan seorang peserta di acara tersebut yang bernama Muhsin.

Muhsin mengatakan dirinya berasal dari Majelis Taklim Nur Hidayah di Magelang. Kepada Mamah Dede, Muhsin bertanya tentang hukum najis bagi seorang dokter hewan yang baru saja mengoperasi anjing.

“Jadi seorang dokter, dokter hewan, setiap saat melaksanakan operasi, misalnya mengoperasi anjing, ini kan najis mugholadoh, apakah (membersihkan najis tersebut) harus setiap saat pakai tanah atau bisa pakai sabun?” 

Saat itu Mamah Dedeh menjawab membersihkan najis anjing tetap harus pakai tanah. “Tidak ada tawar menawar karena najis mugholadoh meski tujuh kali (dibersihkan), satu kali di antaranya pakai tanah,” kata Mamah Dedeh.

Seorang dokter hewan, Mamah Dedeh melanjutkan, pasti tahu resiko ini. “Kalau saya mengajurkan, kalau saya sebagai seorang muslim, jangan jadi dokter hewan,” jawab Mamah Dedeh melanjutkan.

Pada kesempatan tersebut Mamah Dedeh juga menyarankan kepada dokter hewan yang muslim untuk menulis “Menerima semua hewan kecuali anjing dan babi”.

Pernyataan Mamah Dedeh tentang larangan orang Islam menjadi dokter hewan menuai banyak kritik. Salah satunya dari akun bernama Dianidya KS.

Melalui akun @dianidya ia menulis di Twitter, “Kalo gak ada dokter hewan yg nangani anjing+babi, siapa yg bisa jamin bahwa penyakit dr babi dan anjing gak nular ke manusia??”

 

Sementara akun Anita Gustina melalui akun @anita_gw mempertanyakan pandangan Mamah Dedeh terhadap anjing dan babi. “Heran aja bbrp orang seburuk itukah memandang anjing dan babi?” tulisnya.

Reaksi tak hanya datang dari warganet, Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementan bahkan dilaporkan menemui Mamah Dedeh di kediamannya di daerah Depok. Namun belum diketahui apa yang mereka bicarakan.

—Rappler.com 

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!