Sosialisasikan pesan anti korupsi, KPK gandeng komunitas di Bali

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Sosialisasikan pesan anti korupsi, KPK gandeng komunitas di Bali
Para pesepeda membawa tabung berisi maklumat anti korupsi

JAKARTA, Indonesia – Korupsi tidak hanya dapat diberantas melalui kegiatan penindakan, tetapi juga melalui kegiatan seni. Itulah pesan yang ingin disampaikan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melalui kegiatan Festival Anti Korupsi 2017.

Selain melalui medium film dan lagu, lembaga anti rasuah itu juga menggandeng komunitas untuk menyebarkan pesan anti korupsi. Salah satu contohnya digelar di Bali pada Sabtu, 21 Oktober dengan menggandeng Sekretariat Bersama Komunitas Sepeda (SAMAS) Bali.

Sebanyak 45 pesepeda yang tergabung SAMAS menyampaikan pesan antikorupsi dalam tabung menuju ke 9 kabupaten/kota di Bali, yaitu Negara, Singaraja, Karangasem, Tabanan, Gianayar, Bangli, Klungkung, Denpasar dan Badung. Mereka memulai kegiatan di Lapangan Puputan Bandung yang menjadi simbol pusat perjuangan heroik masyarakat Bali sejak pukul 06:00 WITA.

“Lapangan Puputan Bandung dipilih karena kesesuaian tema kegiatan dengan sisi historis lapangan,” kata juru bicara KPK Febri Diansyah melalui pesan pendek pada Sabtu kemarin.

KPK mengambil tema ‘Puputan’ sebagai simbol semangat perjuangan di Bali yang sejalan dengan misi anti korupsi. Menurut Febri, tema besar itu kemudian diturunkan menjadi empat nilai dasar yakni jengah, keberanian, dedikasi dan integritas. Masin-masing memiliki makna khusus.

“Jengah berarti sikap malu sehingga tertantang melakukan perbaikan dan semangat pantang menyerah. Keberanian, kemampuan menjadi teladan dan menunjukkan keberanian secara transparan dalam upaya pemberantasan korupsi, dedikasi, aksi dalam jangka panjang yang dimulai dari diri sendiri dan kesediaan untuk membangun jaringan secara konsisten dan integritas, kapasitas moral dan intelektual untuk menyadari serta memahami arti korupsi dan bahayanya,” tutur Febri.

Ia menjelaskan kegiatan di Bali bukan hanya menggandeng komunitas saja, tetapi juga akan ada klinik film anti korupsi yang digelar hari ini di Institut Seni Indonesia.

Febri mengatakan kegiatan semacam ini akan terus berlanjut hingga acara puncak pada peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia yang jatuh 9 Desember mendatang.

Dalam data yang pernah dirilis Indonesia Corruption Watch (ICW), Bali tidak termasuk ke dalam 10 besar provinsi yang korup. Diharapkan sosialisasi yang dilakukan KPK dapat tetap mencegah perilaku korup tersebut.

– Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!